Jakarta (ANTARA) -
Lima berita politik pada Senin (22/1) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari sikap Gibran dalam debat keempat dianggap tidak sopan, hingga Perludem berpesan capres-cawapres jangan overdosis gimik politik.

1. TPN Timur Tengah nilai sikap Gibran tak sopan di debat keempat

Ketua Tim Pemenangan Nasional Diaspora Kawasan Timur Tengah dan Afrika untuk Ganjar-Mahfud, Nata Sutisna buka suara terkait sikap cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka yang tak sopan dan beradab dalam debat keempat Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (21/1).
 
"Kami sebagai anak muda sangat malu melihat sikap Mas Gibran pada Prof. Mahfud yang tidak beradab, arogan, dan tengil," kata Nata dalam keterangannya di Jakarta, Senin.
 
Selengkapnya di sini
 
2. Titi Anggraini: Jangan overdosis gimik politik
 
Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini berpesan agar gimik-gimik politik capres dan cawapres Pemilu 2024, termasuk saat debat, jangan berlebihan karena akan merugikan pasangan calon itu sendiri.
 
"Gimik itu boleh saja, asal jangan overdosis, ya. Kalau overdosis bisa merugikan calon sendiri, ya," kata Titi Anggraini di Jakarta, Senin.
 
Selengkapnya di sini
 
3. Respons KSAD soal Mahfud sebut aparat "backing" tambang ilegal
 
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak merespons pernyataan calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD yang menyebut bahwa ada aparat dan pejabat yang menyokong (backing) pertambangan ilegal.
 
“Aparat bisa juga aparatur sipil, ya, belum lengkap itu,” kata Maruli saat konferensi pers di Mabesad, Jakarta Pusat, Senin.
 
Selengkapnya di sini
 
4. KPU evaluasi capres/cawapres keluar podium saat debat Pilpres 2024
 
Komisi Pemilihan Umun (KPU) RI akan melakukan evaluasi pasangan calon presiden dan wakil presiden yang meninggalkan podium saat debat keempat Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (21/1).
 
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan rapat evaluasi bersama tim paslon akan diselenggarakan antara tanggal 23-24 Januari 2024.
 
"(Calon keluar dari podium) itu bagian dari yang evaluasi," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin.
 
Selengkapnya di sini
 
5. Jokowi ajak santri gunakan hak pilih sebaik mungkin pada Pemilu 2024
 
​​​​Presiden Joko Widodo mengajak para santri dan pelajar untuk berperan serta dengan menggunakan hak pilih mereka dengan sebaik mungkin pada tanggal 14 Februari atau hari pemungutan suara Pemilu 2024.
 
"Saya mengajak seluruh santri dan pelajar untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi tahun 2024, menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya, dan menjadi bagian dari kemajuan bangsa ini," kata Jokowi saat menghadiri Apel Santri dan Pelajar Emas 2045 di Lapangan Sepak Bola Taman Rekreasi Kalianget, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Senin.
 
Selengkapnya di sini

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024