Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umun (KPU) RI akan melakukan evaluasi pasangan calon presiden dan wakil presiden yang meninggalkan podium saat debat keempat Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (21/1).

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan rapat evaluasi bersama tim paslon akan diselenggarakan antara tanggal 23-24 Januari 2024.

"(Calon keluar dari podium) itu bagian dari yang evaluasi," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin.

Ia menyebutkan semua masukan, kritik dan saran dari setiap paslon akan dirumuskan menjadi catatan penting bagi debat terakhir atau kelima. Setelah itu, KPU akan melakukan rapat dengan televisi penyelenggara yang akan menyelenggarakan debat kelima.

Baca juga: Gibran tinggalkan podium saat debat keempat Pilpres 2024

Sebelumnya, Minggu (21/1), calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka meninggalkan podium saat memaparkan visi dan misi dalam debat keempat Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu malam.

Adapun tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam, pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Dugaan pelanggaran ini bukan kali pertama dilakukan Gibran. Dia pernah melakukan hal tersebut saat debat pertama cawapres pada tanggal 22 Desember 2023.

Sebelumnya, anggota KPU RI August Mellaz mengatakan bahwa pihaknya dan tim pasangan calon presiden/wakil presiden sepakat menggunakan mikrofon yang terpasang di podium agar calon tak keluar podium.

Baca juga: KPU harap tema Debat Keempat Pilpres 2024 buka wawasan pemilih

"Pada saat rapat tadi disepakati penggunaan podium tetap dilakukan. Podium posisinya memang seperti jangkar. Kalau yang debat pertama 'kan tanpa podium, asumsinya orang punya ruang gerak, lebih leluasa. Kalau podium, 'kan dibatasinya di podium," kata Mellaz di Jakarta, Rabu (27/12).

Ketentuan ini mulai berlaku pada debat ketiga, Minggu (7/1). Selain itu, KPU menegaskan bahwa secara teknis, tak ada hal yang diubah dari debat ketiga.

Untuk diketahui, pada debat pertama, Gibran melakukan reaksi berlebihan dengan memprovokasi pendukung ketika debat menyinggung soal pelanggaran etika dalam putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menguntungkan dirinya maju sebagai cawapres pendamping Prabowo.

Rangkaian debat Pilpres 2024 terakhir akan berlangsung pada tanggal 4 Februari untuk capres dan mengusung tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada tanggal 12 Desember 2023, debat kedua pada tanggal 22 Desember 2023, dan debat ketiga pada tanggal 7 Januari 2024, KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan ketiga calon wakil presiden (cawapres).

Tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024