Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menjanjikan anggaran untuk mengatasi krisis iklim hingga mengeksekusi reformasi agraria jika mendapatkan mandat sebagai pemimpin Indonesia.

"Saudara-saudara sekalian, Insya Allah kalau AMIN mendapatkan mandat, kami akan sungguh-sungguh," ujar calon wakil presiden nomor urut satu Muhaimin Iskandar dalam pernyataan penutup di Debat Cawapres di Jakarta, Minggu.

Pertama, pihaknya akan meningkatkan anggaran untuk mengatasi krisis iklim secara signifikan, termasuk riset sekaligus implementasi energi baru dan terbarukan.

"Kita sahkan RUU masyarakat adat secepat-cepatnya. Dana subsidi atau dana untuk masyarakat desa kita tingkatkan Rp5 miliar per tahun agar warga desa dapat menikmati pembangunan," kata dia.

Selanjutnya, pihaknya akan teruskan subsidi BBM untuk masyarakat miskin, petani, nelayan miskin, dan kelompok rentan lainnya. Transportasi publik menggunakan energi listrik, kata dia, juga menjadi salah satu solusi untuk mengurangi polusi dengan cara pembangunan kota.

"Reforma agraria harus dieksekusi untuk memangkas ketimpangan. Saatnya kita berubah, saatnya kita pilih perubahan," ujar Muhaimin.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, dan debat ketiga 7 Januari 2024, KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan para cawapres.

Tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Baca juga: Gibran sentil Muhaimin karena botol plastik saat debat soal lingkungan
Baca juga: Mahfud: Pedang hukum harus tajam untuk pembangunan

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024