Kami hari ini bersama Bupati Lamongan Yuhronur Efendi meninjau dua titik tersebut yang akan kita upayakan perbaikan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama para pemangku kepentingan (stakeholder) mengonsolidasikan untuk memperbaiki Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Minggu.

Menhub menjelaskan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, perlu kolaborasi dalam upaya memudahkan masyarakat nelayan dalam mencari ikan, termasuk di Lamongan.

"Kami akan berkolaborasi bersama dengan Kementerian PUPR, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Pelindo, dan terminal khusus yang ada di sekitar Lamongan," kata Menhub lewat keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Pada 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah mengunjungi Pelabuhan Brondong. Saat itu, Presiden Jokowi menyanggupi permintaan para nelayan untuk dilakukan pengerukan dan peninggian lampu haluan di pelabuhan tersebut.

Baca juga: Kemenhub beri hak konsesi ke PT LIS di Pelabuhan Tanjung Pakis Jatim

Menhub mengungkapkan ada dua titik yang menjadi konsentrasi perbaikan, yakni daerah kolam dan kali asin.

"Kami hari ini bersama Bupati Lamongan Yuhronur Efendi meninjau dua titik tersebut yang akan kita upayakan perbaikan," tuturnya.

Sebelumnya, para nelayan di Lamongan menyampaikan adanya pendangkalan di pelabuhan sehingga menyulitkan kapal mereka untuk berlabuh. Untuk itu, para nelayan meminta dilakukan perbaikan dan pengerukan.

Ketua Kelompok Nelayan Belimbing Brondong Lamongan Wahid saat bertemu Menhub menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang akan melakukan perbaikan pelabuhan.

"Semoga dengan adanya perbaikan, semakin memudahkan pergerakan kapal kami untuk mencari ikan," ujar Wahid.

Pada kesempatan itu, Menhub dan Bupati Lamongan juga membagikan life jacket dan paket sembako bagi nelayan di PPN Brondong.

Turut hadir dalam kegiatan itu, yakni Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Antoni Arif Priyadi.

Baca juga: Menhub: Revitalisasi Terminal Pakupatan penuhi kebutuhan transportasi
Baca juga: Menteri KP dorong transformasi pelabuhan perikanan lebih higienis dan modern

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024