Ajang tahunan "Chinatown Chinese New Year Celebrations 2024" kembali memeriahkan jalanan Chinatown lewat berbagai festival kebudayaan, termasuk  "Official Street Light-Up and Opening Ceremony", "Countdown Party", "Lion Dance Competition" yang kembali digelar.

Singapura, (ANTARA/PRNewswire)- Ajang tahunan "Chinatown Chinese New Year Celebration" kembali digelar di jalanan Chinatown pada 11 Januari hingga 11 Maret 2024  untuk menyambut Tahun Naga.

Dengan latar Chinatown yang menarik—sebuah distrik yang memiliki makna kebudayaan dan historis, ajang ini akan mengangkat multikulturalisme dan keberagaman Singapura, melestarikan warisan dan tradisi warga keturunan Tionghoa, sekaligus  menyatukan warga lokal dan pengunjung asing sebagai sebuah komunitas.

Perayaan 2024 akan menampilkan berbagai jenis kegiatan menarik, termasuk aktivitas tahunan "Official Street Light-Up and Opening Ceremony", "Festive Fair", "Weekend Stage Shows", "Chinese New Year Countdown Party", dan "Lion Dance Competition" yang kembali digelar.

"Chinatown Chinese New Year Official Street Light-Up & Opening Ceremony"

Sesi pembukaan "Chinatown Chinese New Year Celebrations 2024" adalah "Official Street Light-Up and Opening Ceremony" (Seremoni Penyalaan Instalasi Lampu Jalanan dan Sesi Pembukaan) yang berlangsung pada 19 Januari 2024. Dengan tema "Soaring Into The Auspicious Dragon Year", (Meraih Sukses pada Tahun Naga yang Penuh Keberuntungan), pengunjung dapat menyaksikan diorama naga yang memukau di New Bridge Road, Eu Tong Sen Street, South Bridge Road, dan Upper Cross Street.

Seremoni Penyalaan Instalasi Lampu dan Sesi Pembukaan akan digelar di Kreta Ayer Square, serta menampilkan berbagai jenis pertunjukan, termasuk seni pertunjukan jalanan (busking performance) oleh Papaya Duck, pertunjukan perkusi drum oleh Martial House, penampilan medley yang membawakan lagu dalam berbagai bahasa oleh Wardy Yap dan Xixi Lim, serta tari barongsai tradisional.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Josephine Teo, Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura, dan Menteri Kedua Bidang Dalam Negeri dan Penasihat Jalan Besar GRC Grassroots Organisations (GROs), akan bergabung bersama 250 warga di ajang tersebut, serta turut meresmikan penyalaan instalasi lampu jalanan. Ajang ini akan ditayangkan secara langsung di Channel 8 serta akun Facebook and YouTube Chinatown Festivals mulai 19 Januari 2024 pada pukul 6 sore.

"Kami gembira menyambut Tahun Naga lewat rangkaian festival yang menyatukan beragam kebudayaan dan lapisan usia di Singapura dan wilayah lain. Tema tahun ini adalah "Soaring Into The Auspicious Dragon Year", (Meraih Sukses pada Tahun Naga yang Penuh Keberuntungan). Saya berharap agar setiap orang berani menangkap peluang mendatang," ujar Josephine Teo, Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura, dan Menteri Kedua Bidang Dalam Negeri dan Penasihat Jalan Besar GRC Grassroots Organisations (GROs).

Dekorasi jalanan yang menarik akan dipamerkan mulai 19 Januari 2024 hingga 9 Maret 2024 lewat kolaborasi Singapore University of Technology and Design (SUTD). Selama 13 tahun berturut-turut, tim yang terdiri atas 13 mahasiswa mendesain instalasi "Chinatown Chinese New Year Celebrations 2024" yang luar biasa berkat dedikasi dan kerja keras selama berbulan-bulan.

"Chinatown Chinese New Year Celebrations 2024 Countdown Party"

Menandai awal perayaan Imlek, ajang tahunan "Countdown Party" (Pesta yang Merayakan Detik-Detik Menuju Imlek) akan berlangsung di Kreta Ayer Square pada Malam Pergantian Tahun, 9 Februari 2024, dan akan disiarkan secara langsung pada Channel 8, serta akun Facebook and YouTube Chinatown Festivals mulai pukul 10 malam.

Menjelang tengah malam, pengunjung Chinatown dan audiens yang menonton tayangan "Countdown Party" akan mendapatkan pertunjukan kembang api berbentuk komet, ranjau, dan air mancur. 

"Ajang tahunan yang merayakan Imlek menambah keseruan dan kegembiraan di Chinatown, serta memperlihatkan kekayaan warisan dan ikatan budaya komunitas Tionghoa di Singapura. Pengunjung dari luar negeri dan warga lokal dapat merayakan tahun baru melalui berbagai jenis kegiatan, termasuk pesta yang merayakan detik-detik menuju pergantian tahun, festival, pertunjukan barongsai, serta pameran kuliner yang menyajikan masakan Imlek. Kami mengajak Anda agar mengunjungi Chinatown dan menikmati kemeriahan perayaan Imlek, serta mengeksplorasi budaya dan tradisi lokal di festival tersebut," kata Lim Shoo Ling, Director, Arts and Cultural Precincts, Singapore Tourism Board.

"Chinatown Chinese New Year Celebrations 2024 Festivities"

Selain "Street Light-Up", "Opening Ceremony", dan "Countdown Party", pengunjung Chinatown juga dapat menikmati sederet kegiatan interaktif bagi keluarga dalam "Chinatown Chinese New Year Celebrations 2024".

Rangkaian kegiatan ini termasuk "Festive Fair" (Pameran) di ruang terbuka yang berada di depan People's Park Complex mulai 11 Januari 2024 hingga 9 Februari 2024 yang menampilkan Dekorasi Imlek; Pameran di Chinatown Street Stalls mulai 19 Januari hingga 9 Februari dengan berbagai suvenir Imlek; serta, "Weekend Stage Shows" yang berlangsung pada dua kali akhir minggu (27-28 Januari 2024, 3-4 Februari 2024) di Kreta Ayer Square.

"Lion Dance Competition 2024"

Di ajang tahun ini, "Lion Dance Competition" yang sangat dinantikan hadir kembali pada 27 dan 28 Januari 2024 di Kreta Ayer People's Theatre. Dengan tiket yang dijual seharga $10 per hari, kompetisi ini diikuti kelompok penari barongsai terkemuka di Singapura dan Asia Pasifik. Sejumlah tim ini akan bersaing merebut gelar bergengsi "King of the Lions".

Setiap kelompok akan mempertunjukkan keahlian dan kepiawaian dalam melakukan meihuazhuang—alat tradisional berbentuk tumpuan kaki khas Tiongkok yang dipakai dalam atraksi barongsai—serta, mempersembahkan manuver dan aksi yang berani.

Inisiatif Keberlanjutan

Panitia Penyelenggara Chinatown Festival akan menggelar inisiatif "Adopt a Lantern", tradisi yang telah berlangsung sejak 2014. Seluruh lampion jalanan yang dipakai di ajang ini akan dipakai kembali, serta dapat dimiliki publik secara gratis. Pihak-pihak yang berminat memiliki lampion ini dapat melakukan registrasi di Instagram dan Facebook pada 22 Februari hingga 1 Maret 2024. Pendaftar yang telah disetujui akan mendapatkan pemberitahuan pada 11 Maret 2024.

Ajang "Chinatown Chinese New Year Celebrations 2024" berlangsung dari 11 Januari hingga 11 Maret 2024. Daftar kegiatan selengkapnya tersedia di chinatownfestivals.sg.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024