menerima mahasiswa PMM ini bisa menjadi platform yang bermanfaat
Jambi (ANTARA) - Sebanyak 348 mahasiswa Universitas Jambi (Unja) mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan empat tahun 2024 yang ditempatkan di 66 perguruan tinggi negeri dan swasta yang tersebar di seluruh Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unja Prof Dr Kamid MSi di Jambi, Senin, mengatakan sebelumnya sebanyak 691 mahasiswa Unja mendaftar diri mengikuti program PMM 2024 dan diumumkan 348 mahasiswa yang lolos seleksi.

Sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta yang menerima mahasiswa Unja diantaranya Universitas Padjadjaran, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur dan IKIP Budi Utomo Malang.

Kamid menegaskan dari hasil monev pada PMM tahun lalu, ada beberapa hal yang menarik mahasiswa diantaranya tradisi belajar yang berbeda antara kampus satu dengan kampus lain.

"Kemudian motivasi mahasiswa banyak yang ingin melaksanakan perkuliahan modul nusantara agar bisa kuliah sambal jalan-jalan ke banyak tempat wisata yang terpenting tetap utamakan kuliah," kata dia.

Baca juga: ULM terpilih laksanakan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2024
Baca juga: 128 mahasiswa PMM 3 se-Indonesia tuntaskan pengabdian di Kalsel
​​​​​​

Kepada ratusan mahasiswa, Kamid berpesan agar menjaga kesehatan, menjaga diri dan nama baik perguruan tinggi.

Program PMM ini berlangsung selama enam bulan sejak Januari hingga Juli 2024.

Koordinator Pusat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Unja Sri Winarni mengatakan terjadi peningkatan persentase kelulusan mahasiswa outbond PMM dibandingkan tahun lalu.

Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Universitas Padjadjaran Mohamad Fahmi selaku perwakilan​​​​​​ kampus mitra penerima mahasiswa outbond Unja mengatakan bahwa Unpad siap menerima mahasiswa PMM Unja.

"Kami merasa bahwa menerima mahasiswa PMM ini bisa menjadi platform yang bermanfaat, berkualitas dan menjadi jembatan untuk membuat kampus kita menjadi A World Class University," kata dia.

Baca juga: Unja berangkatkan 10 mahasiswa praktik mengajar ke Asia Tenggara
Baca juga: Jambi kirim dua mahasiswa ikut Pertukaran Pemuda Antar-Negara 2023
Baca juga: Unja-KBRI Yangon jalin kerja sama bidang pertukaran mahasiswa-riset

Pewarta: Tuyani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024