BMKG melaporkan gempa 5,5 SR, pada Rabu (28/8) pukul 12:43:25 WIB, dengan lokasi 74 KM Barat Laut Sungai Penuh, JambiI dengan kedalaman 24 km,"
Jakarta (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR) mengguncang Sumatera Barat yang dirasakan sangat keras di pesisir selatan yang menghentak dan disertai suara menderu selama 30 detik.

"BMKG melaporkan gempa 5,5 SR, pada Rabu (28/8) pukul 12:43:25 WIB, dengan lokasi 74 KM Barat Laut Sungai Penuh, Jambi dengan kedalaman 24 km," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Rabu.

Sutopo mengatakan, pusat gempa berada di Kecamatan Air Haji, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar dan tidak berpotensi tsunami, namun guncangan yang besar membuat masyarakat berhamburan keluar rumah.

Sutopo menambahkan, menurut Camat Air Haji, belum ada laporan kerusakan bangunan dan korban, sementara daerah yang terkena gempa sebagian besar adalah perkebunan kelapa sawit.

"Posko BNPB telah melakukan pengecekan berkoordinasi dengan BPBD Sumatera Barat dan BPBD Pesisir Selatan," ujar Sutopo.

Menurut Sutopo, berdasarkan peta guncangan gempa intensitas gempa cukup kuat dengan IV-V MMI.

Sutopo menambahkan, sebelumnya gempa pernah terjadi hingga VI MMI ketika gempa 7,5 SR pada 12-13 september 2007.

"BPBD masih melakukan pemantauan di lapangan. Info lanjut akan diberikan jika ada perkembangan data," ujar Sutopo.
(S038/B012)

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013