Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Utje Gustaaf Patty mengaku tidak khawatir terhadap masa depan Indonesia, karena ada sosok pemimpin muda Gibran Rakabuming Raka dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang diisi anak-anak muda.

"Kami yakin negeri ini akan baik-baik saja jika pasangan capres-cawapres nomor urut 2, di mana ada seorang anak muda yang bernama Gibran, dan di PSI yang mayoritas anak-anak muda yang memimpin negeri ini. Saya meyakini dan ini akan baik-baik saja," kata Utje dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.

Utje mengingatkan perjalanan PSI untuk bisa lolos ke DPR tidaklah mudah, karena harus ada perjuangan optimal agar bisa mewujudkan mimpi Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Ketua Umum Projo sebut PSI miliki napas dan semangat Jokowi

"Yakinlah kalian (PSI) tidak sendiri. PSI adalah partainya Pak Jokowi. Maka relawan Jokowi wajib mendukung. Kita semua seharusnya bisa mengambil peran untuk melestarikan peradaban peradaban itu ada di pasangan calon nomor 2 dan di partai nomor 15 menuju Indonesia Emas 2045," jelas Utje.

Dia pun menyakini pasangan calon Prabowo-Gibran dan PSI akan menang jika mendapat dukungan penuh dari seluruh relawan Jokowi.
​​​​​​​
"Apakah kita bisa memenangkan nomor 2 dan bisa menempatkan PSI di Senayan? Ini bagi saya hanya masalah kita mau atau tidak. Kalau teman-teman mau, maka saya yakin ini bukan tugas yang terlalu berat," kata Utje.
​​​​​​​
Baca juga: Relawan Jokowi Solmet ajak menangkan PSI kawal pemberantasan korupsi

Sementara itu, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep mengapresiasi dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh relawan Jokowi kepada PSI dan Gibran.

Kaesang mengatakan relawan memiliki peran besar dalam menentukan pemimpin Indonesia, sehingga keberadaan relawan tidak boleh dianggap remeh.

Menurut Kaesang, organisasi relawan memiliki peran besar dalam memenangkan Joko Widodo pada Pilpres 2014 dan Pilpres 2019.

"Pilpres dua kali, temen-temen relawan yang ada di sini memenangkan Bapak Presiden (Jokowi), bekerja tanpa pamrih, bergerak di akar rumput, meyakinkan masyarakat; relawan berhasil membuktikan bahwa kekuatan tersolid adalah kekuatan rakyat, kekuatan ketulusan, dan kekuatan sukarelawan," kata Kaesang.

Kaesang pun mengungkap bukan hanya partai politik yang menjadi wadah untuk menentukan presiden, karena peran relawan sangat penting sehingga bisa menjadi penghubung hingga ke akar rumput.

Baca juga: Pertiwi Indonesia optimistis PSI lolos Senayan kawal kebijakan Jokowi

"Menganggap remeh peran relawan dalam proses pemenangan berarti mereka ini tidak paham apa itu kerelawanan, independensi relawan; dan hebatnya, Bapak dan Ibu, semua relawan di sini berjuang," ujar Kaesang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Relawan Jokowi deklarasikan dukungan ke PSI, menangkan Prabowo-Gibran
 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024