Surakarta (ANTARA) - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melakukan kampanye terbuka di Lapangan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin sore, dengan dihadiri ribuan simpatisan.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, dalam kampanye akbar itu, mengajak seluruh simpatisan PSI dan masyarakat Kota Surakarta untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada 14 Februari mendatang dan memberikan suaranya untuk kader PSI dan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Yang penting, tanggal 14 Februari 2024 datang ke TPS, coblos PSI dan Mas Gibran. Janji, ya, coblos PSI dan Mas Gibran Rakabuming Raka. Kalau kesal sama Mas Gibran, dicoblos saja," kata Kaesang di kampanye tersebut.

Kaesang juga meminta simpatisan juga memilih caleg dari PSI. Dia lalu mengenalkan caleg-caleg PSI di Pemilu 2024 untuk DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Tengah, dan DPRD Kota Surakarta.

Kaesang berharap masyarakat Surakarta mengenal dan memilih caleg PSI.

Baca juga: Kaesang: Prof Mahfud lebih baik jangan mundur karena dibutuhkan

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni mengatakan pihaknya memilih kampanye terbuka di Surakarta karena terkait dengan jadwal zonasi kampanye Prabowo-Gibran di Jawa Tengah, Senin.
​​​​​​​
"Kebetulan secara kalkulasi politik, kami melihat Surakarta adalah kota yang baik untuk memulai kampanye terbuka ini. Salah satu lembaga menempatkan PSI di urutan kelima di Jateng," kata Juli.

Oleh karena itu, dengan modal awal kampanye terbuka di Surakarta, PSI berharap Jateng dapat melahirkan satu kursi bagi caleg PSI di setiap daerah pemilihan.

"Kami tidak berfikir untuk mengurangi partai yang lain, tetapi kompetisi secara sehat. Siapa yang yakin bahwa PSI adalah partai yang bisa meneruskan ide baik pekerjaan Pak Joko Widodo? PSI menargetkan satu dapil satu suara dan di kabupaten kota ada satu fraksi," jelas Juli.

Baca juga: Kaesang tanggapi soal partai jadi jalan penentu presiden

Dia juga berharap Kaesang Pangarep sebagai ketua umum dapat menawarkan kepada rakyat Surakarta bahwa ada partai baru yang dapat meneruskan kerja baik Jokowi.
​​​​​​​
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Bara JP: Indonesia baik-baik saja karena Gibran dan PSI

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024