Natuna (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau untuk mewaspadai gelombang dengan ketinggian empat meter yang berpotensi terjadi di Laut Natuna Utara.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas III Ranai Resa Agna F. Denryanto saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Senin, mengatakan gelombang dengan ketinggian 0.5-3 meter juga berpotensi di wilayah perairan Laut Natuna.

Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang setinggi empat meter di Laut Natuna Utara

"Khususnya wilayah Laut Natuna Utara berkisar antara 1,5 meter hingga empat meter atau sedang-tinggi, ketinggian tersebut mulai meningkat pada tanggal 24 hingga 29 Januari 2024," ucap dia.

Selain itu, hujan dengan intensitas ringan yang disertai angin kencang juga berpotensi terjadi pada periode tersebut.

Kondisi demikian dikarenakan adanya labilitas atmosfer yang rendah dan kelembapan udara bersifat kering, sehingga menyebabkan berkurangnya pembentukan awan hujan di wilayah Kepulauan Natuna.

Ia menyebut gelombang dengan ketinggian empat meter berpotensi menyebabkan kecelakaan laut. Oleh karena itu, nelayan dan para pengguna moda transportasi laut diharapkan selalu berhati-hati saat melaut, terutama di wilayah Laut Natuna Utara, Perairan Natuna Utara, Perairan Natuna bagian barat dan Perairan Timur Natuna.

Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang tinggi enam meter di Laut Natuna Utara

Baca juga: BMKG: Waspada gelombang tinggi hingga enam meter di Natuna


"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Natuna untuk selalu waspada terhadap dampak cuaca ekstrem yang dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi, seperti angin puting beliung, genangan air, banjir, dan tanah longsor," kata dia.

Pewarta: Muhamad Nurman
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024