Jakarta (ANTARA) - Kepala Center of Industry, Trade and Investment Indef Andy Satrio Nugroho menilai isu yang dibawa ke dalam Debat Keempat Pemilu 2024 pada Minggu malam (21/1) kurang dielaborasikan oleh masing-masing calon wakil presiden (cawapres).

Menurutnya, elaborasi secara mendalam permasalahan serta solusinya penting untuk disampaikan agar masyarakat memahami arah kebijakan masing-masing pasangan calon (paslon).

“(Isu) dielaborasikan secara sederhana kepada masyarakat sehingga masyarakat mau untuk memilih mereka begitu, dan ini yang tidak juga (disampaikan) semalam,” kata Andy dalam diskusi publik 'Tanggapan Indef atas Debat Keempat' dipantau secara virtual di Jakarta, Senin.

Andy mengatakan, topik yang meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat merupakan topik yang harus disampaikan secara sederhana.

Namun sepanjang debat, masing-masing cawapres masih belum mampu menjelaskan dengan baik kepada masyarakat. Andy memberikan contoh terkait isu “greenflation” atau inflasi hijau.

Inflasi hijau, menurut Andy, harusnya dapat dibahas lebih dalam dan dikaitkan dengan kondisi aktual di Indonesia saat ini. Seperti saat harga pangan melambung tinggi karena El Nino, yang dapat mendorong meningkatnya inflasi dan berdampak secara langsung terhadap kesejahteraan petani.

“Yang hilang adalah pendidikan terkait dengan tadi ya, pentingnya pembangunan berkelanjutan, pentingnya pengelolaan sumber daya berkelanjutan, bagaimana peran desa ke depan, gitu ya,” ujarnya.

Terlepas dari hal itu, Andy mengapresiasi masing-masing cawapres yang sudah dengan baik menyampaikan visinya dalam pembukaan dan penyataan penutup debat.

Adapun KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, dan debat ketiga 7 Januari 2024, KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan para cawapres.

Tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Baca juga: Debat cawapres dinilai beri pengaruh untuk "undecided voters"
Baca juga: Indef: Debat cawapres tidak hadirkan solusi masalah desa
Baca juga: Pakar Politik Unair: Gibran terpengaruh debat sebelumnya

 

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024