Ambon (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meninjau pelaksanaan penyortiran logistik surat suara Pemilu 2024 oleh KPU Kota Ambon di Gedung Sport Hall Karang Panjang (Karpan), Ambon, Maluku.

"Saya melihat kesiapan Ambon, khususnya terkait dengan logistik pemilu yang akan diturunkan ke kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) untuk persiapan pemilu, 14 Februari 2024," kata anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos di Ambon, Senin.

Sesuai dengan hasil pengamatan, kata dia, gedung logistik pemilu milik KPU Kota Ambon sangat representatif. Selain itu, tata cara penyusunan dan pengepakan logistik pemilu hingga tingkat keamanan yang dikawal TNI/Polri terlihat sangat rapi, aman, dan nyaman.

"Alhamdulillah, saya lihat penyusunan dan pengepakannya sangat rapi. Ini juga tak lepas dari kerja sama yang baik dari Pemerintah Kota Ambon," ujar Koordinator Wilayah (Korwil) Maluku KPU RI itu.

Untuk logistik surat suara yang rusak, Betty mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi terkait dengan kapan menyediakan kembali surat suara yang kurang.

"Surat suara yang rusak sudah ditangani KPU, segala standar operasionalnya sudah ada. Nanti tinggal dikoordinasikan kapan akan dimusnahkan dalam hal agar pelaksanaan pemilu tidak terganggu," ungkap Betty.

Kunjungan Betty Idroos ke gudang logistik pemilu KPU Kota Ambon di kawasan Karang Panjang Ambon, Kecamatan Sirimau, itu turut didampingi Ketua KPU Provinsi Maluku Syamsul Rifan Kubangun, Ketua KPU Kota Ambon M. Shaddek Fuad, Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena, dan dikawal sejumlah aparat TNI/Polri.

Di gudang logistik, Betty dan rombongan melihat langsung pelipatan hingga pengepakan surat suara yang nantinya akan didistribusi ke tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Ambon.

Baca juga: KPU tegur capres-cawapres kampanye terbuka di luar jadwal zonasi
Baca juga: KPU akan tindak jual beli stempel surat suara di e-commerce


Pewarta: Winda Herman
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024