Dengan integrasi moda transportasi yang beragam, masyarakat memiliki pilihan untuk mencapai area stasiun
Bandung (ANTARA) - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menghadirkan dua intermoda baru di Stasiun Kereta Cepat Whoosh di Padalarang Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, sebagai bentuk peningkatan layanan kepada penumpang.

"Dengan integrasi moda transportasi yang beragam, masyarakat memiliki pilihan untuk mencapai area stasiun. Kehadiran integrasi antarmoda ini menjawab kebutuhan masyarakat untuk kemudahan mencapai area stasiun," kata GM Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa dalam keterangannya yang diterima di Bandung, Selasa.

Eva menjelaskan moda transportasi terbaru yakni keberadaan Trans Metro Pasundan 2D yang kini melayani rute Kota Baru Parahyangan, Stasiun Whoosh Padalarang, Cimahi, hingga Alun-Alun Bandung.

“Sebanyak 20 Bus Trans Metro Pasundan beroperasi setiap hari dari pagi hingga malam mulai pukul 04.30 WIB sampai 20.00 WIB,” kata Eva.

Eva menambahkan tersedia juga layanan shuttle menuju Kawasan Kota Baru Parahyangan yang dapat digunakan secara gratis oleh penumpang Whoosh.

Baca juga: KCIC: Pengoperasian Stasiun Karawang tunggu pembangunan akses tol

Baca juga: KCIC targetkan layani 31 ribu penumpang per hari pada 2024


“Terdapat 30 perjalanan shuttle gratis setiap hari dimana 15 perjalanan dari Stasiun Whoosh Padalarang dan 15 perjalanan dari Kawasan Kota Baru Parahyangan,” katanya.

Eva menjelaskan layanan Bus Trans Metro Pasundan dan shuttle gratis ke Kota Baru Parahyangan ini dapat diakses dari area tunggu di Stasiun Padalarang sehingga lebih memudahkan kepada para penumpang yang baru tiba atau akan menggunakan Whoosh dari Stasiun Whoosh Padalarang.

Sebelumnya, kemudahan akses penumpang dari dan menuju Stasiun Kereta Cepat Padalarang juga telah diakomodir melalui beroperasinya KA Feeder menuju Cimahi dan Bandung, KA Commuter Line menuju Cicalengka dan Garut serta Taksi Blue Bird.

“Dengan penambahan layanan intermoda yang menjangkau berbagai kawasan, semakin meningkatkan minat masyarakat untuk beralih ke moda transportasi massal khususnya layanan Kereta Cepat Whoosh," kata dia.

Baca juga: KCIC beri pelatihan masinis Indonesia untuk operasional kereta cepat

Baca juga: KCIC sediakan parkir kendaraan di stasiun Kereta Cepat Whoosh


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024