Khusus Kabupaten Blora mendapatkan anggaran Rp257 miliar. Besar sekali.
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perbaikan ruas jalan Purwodadi-Wirosari-Blora di Jawa Tengah, Selasa, sebagai pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah.

"Siang ini saya resmikan pelaksanaan Inpres Jalan Ruas Purwodadi-Wirosari-Blora-Wulung ke Klatak, dan Randublatung ke Getas di Kabupaten Blora semuanya dari anggaran Inpres Jalan Daerah," kata Presiden Jokowi saat meresmikan Inpres Jalan Daerah di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, seperti disaksikan dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa.

Presiden merinci bahwa anggaran Inpres Jalan Daerah untuk perbaikan dan pembangunan jalan nasional pada tahun 2023 dialokasikan sebesar Rp14,6 triliun.

Khusus untuk Provinsi Jawa Tengah, pemerintah menganggarkan sebesar Rp1,36 triliun untuk memperbaiki dan membangun 40 ruas jalan.

Kabupaten Blora mendapatkan jatah anggaran perbaikan jalan sebesar Rp257 miliar.

Presiden pun menilai manfaat pelaksanaan Inpres Jalan Ruas Purwodadi-Wirosari-Blora ini dapat langsung dirasakan masyarakat, karena sudah bertahun-tahun jalan tersebut bergelombang.

"Khusus Kabupaten Blora mendapatkan anggaran Rp257 miliar. Besar sekali. Oleh sebab itu, jalan antara Purwodadi sampai ke Blora, tadi saya sudah lihat dan rasakan sendiri jalannya sangat mulus. Yang sudah bertahun-tahun biasanya jalan Solo-Purwodadi jalannya selalu bergelombang karena tanah yang dinamis," kata Presiden pula.

Kepala Negara menambahkan bahwa perbaikan ruas jalan Purwodadi-Blora dibangun dengan bahan beton, alih-alih menggunakan aspal.

"Meskipun harganya lebih mahal, tapi kita pilih beton karena lebih awet dan panjang umurnya," kata Presiden Jokowi.
Baca juga: Presiden resmikan empat ruas jalan Magelang akses evakuasi Merapi
Baca juga: Warga Magelang merasa terbantu jalan akses evakuasi Merapi diperbaiki

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024