Kendal (ANTARA) -
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo akan mengecek surat suara Pemilu 2024 yang telah tiba di Taiwan dan dikabarkan sudah tercoblos pasangan calon Ganjar-Mahfud.

"Nanti kita cek ya, siapa dan bagaimana karena beberapa isu semacam ini terjadi, yang penting tak boleh ada yang curang. Termasuk orang yang menyebut dari kami 03 harus segera diluruskan," kata Ganjar usai bertemu dengan pengasuh Ponpes dan Rumah Kebudayaan Ndalem Wongsorogo Sidorejo, Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Selasa.

Ganjar juga meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga menyelidiki temuan surat suara yang sudah tercoblos di Taiwan.

"KPU harus segera melihat dan Bawaslu harus segera menindak karena itu harus segera diluruskan," ujarnya.

Baca juga: Ganjar sarankan pejabat maju Pilpres 2024 mundur dari jabatannya

Salah satu akun pada media sosial X @Kopipait_78 mengunggah video berdurasi 1 menit 29 detik pada Kamis, 18 Januari 2024. Video itu menunjukkan keluhan dua WNI sambil menunjukkan dua surat suaranya yang tercoblos.

Untuk surat suara pemilihan presiden-wakil presiden, coblosannya terlekat pada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md, sebagai peserta Pilpres 2024.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar minta TPD dan relawan Jateng manfaatkan sisa masa kampanye
Baca juga: Komentari kunjungan kerja presiden, Ganjar: Kami sayang Pak Jokowi

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024