Pamekasan (ANTARA News) - Antusiasme warga Pamekasan, Madura, menghadiri tempat pemungutan suara (TPS) guna menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Gubernur Jawa Timur, rendah. Hingga pukul 10.11 WIB tadi, masih banyak pemilih yang belum menggunakan hak pilihnya.

"Antusias warga memang terasa kurang dibandingkan dengan pelaksanaan pilkada bupati," kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Sukardi di TPS 12 Desa Ponjanan Timur, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan, Kamis.

Hinggu pukul 10.11 WIB warga yang menggunakan hak pilihnya di TPS ini baru 28 orang dari total pemilih 339 orang. Pada pilkada Bupati Pamekasan, pemilih yang menggunakan hak pilihnya lebih dari 50 persen.

"Saya tidak tau mengapa tingkat kehadiran pemilih sangat rendah," kata Suhardi.

Tidak hanya di TPS 12, di TPS lain di Dusun Wakduwak di desa yang sama, antusiasme warga juga sangat rendah, seperti di TPS 11.

Di TPS ini, jumlah pemilih yang hadir menggunakan hak pilihnya hingga pukul 10.15 WIB baru 30 orang dari total pemilih 319 orang.

"Mungkin mereka ke pasar. Soalnya kan hari pasaran. Padahal sebenarnya undangan telah kami sampaikan semuanya," kata Ketua KPPS di Rahbini.

Hal sama  terjadi di TPS 11 Desa Waru Barat, Kecamatan Waru dan TPS 12 di desa yang sama.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013