Jakarta (ANTARA) - Jannik Sinner melewati Andrey Rublev dengan straight set, Selasa, untuk mencapai semifinal Australian Open pertamanya menghadapi tugas berat melawan juara bertahan Novak Djokovic.

Unggulan keempat asal Italia itu tampil solid dalam servisnya sepanjang pertandingan di Rod Laver Arena, menang 6-4, 7-6(7/5), 6-3 melawan unggulan kelima asal Rusia itu.

"Jelas sangat sulit bermain melawan dia. Kami pernah menjalani pertandingan sulit di masa lalu," kata Sinner, seperti disiarkan AFP.

"Hari ini ada tiga set, namun saya bisa saja kalah pada kedua set tersebut (dua set pertama). Set pertama, ia melakukan begitu banyak break point dan entah bagaimana saya melakukan servis dengan sangat baik. Saya hanya mencoba menggerakkannya."

"Saya hanya mencoba untuk tampil agresif. Hari ini berjalan sesuai keinginan saya, sangat membahagiakan."

Sebuah break memberi Sinner keunggulan pada set pertama, namun titik balik dalam pertandingan ini terjadi ketika ia bangkit dari ketertinggalan 1-5 pada tiebreak set kedua.

Baca juga: Djokovic tekuk Fritz untuk capai semifinal Australian Open yang ke-11

Sinner memenangi enam poin berturut-turut untuk menguasai pertandingan, termasuk dengan winner lintas lapangan yang menakjubkan di akhir reli 24 poin yang dramatis.

Petenis berusia 22 tahun itu melaju ke semifinal Grand Slam keduanya setelah mencapai empat besar di Wimbledon tahun lalu.

Dia menjadi petenis Italia kedua yang mencapai semifinal di Melbourne setelah Matteo Berrettini mencatatkan prestasi tersebut pada 2022.

Menghadapi juara 10 kali Djokovic adalah tugas yang tidak menyenangkan bagi Sinner, namun ia akan merasa nyaman jika mengingat kembali kemenangan atas petenis Serbia itu di Piala Davis pada November.

Namun, kekalahan di Melbourne berarti patah hati bagi Rublev yang berusia 26 tahun, yang kini gagal memenangi perempat final Grand Slam dalam 10 upayanya.

Baca juga: Alcaraz bertekad tampilkan level terbaik untuk kalahkan Zverev

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024