Terima kasih kepada para perajin yang tetap setia melestarikan kerajinan Karawo sampai saat ini dan hari-hari mendatang.
Gorontalo (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya menyebut peringatan Hari Karawo menjadi momentum untuk membangkitkan semangat perajin kain sulam khas Gorontalo yaitu Karawo.

Ismail Pakaya pada malam puncak peringatan Hari Karawo, di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo yang mengangkat tema “Residen Gubernur Berkarawo”, Selasa malam, menyatakan tidak ada yang bisa membangkitkan semangat itu kecuali kita semua masyarakat Gorontalo.

"Terima kasih kepada para perajin yang tetap setia melestarikan kerajinan Karawo sampai saat ini dan hari-hari mendatang," ujar Ismail.

Pada kesempatan itu, Pj Gubernur Gorontalo menyerahkan penghargaan kepada para bupati dan wali kota yang telah mendorong pengembangan Karawo di daerahnya masing-masing.

Penghargaan juga diberikan kepada Hasana M Duka yang telah 56 tahun menjadi perajin Karawo. Selain itu, Ketua Dekranasda Gorontalo juga menyerahkan bantuan Karawo kepada Industri Kecil dan Menengah (IKM) pewastra disabilitas dan bantuan ruang produksi, bahan dan peralatan, serta pemasangan listrik bagi enam IKM.

Sebelumnya juga diserahkan hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka Hari Karawo tahun 2024. Terdiri dari lomba membuat syal Karawo unik, lomba video milenial dengan tema bangga berkarawo, serta lomba foto famili Karawo dan balita berkarawo.

"Terima kasih kepada seluruh komponen dan asosiasi yang selama ini turut membantu pemerintah dalam melestarikan Karawo. Terima kasih juga kepada para bupati dan wali kota yang ikut memeriahkan peringatan Hari Karawo," ujar Ismail.

Pada kegiatan itu, juga digelar parade busana Karawo. Pj Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo Fima Agustina menjadi penampil pertama dalam parade Karawo.

Selanjutnya diikuti oleh forum koordinasi pimpinan daerah, pimpinan instansi vertikal dan organisasi perangkat daerah, serta unsur perbankan.

Parade busana Karawo juga diikuti oleh Pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo, para perancang busana, serta komunitas perajin Karawo. Tim Dekranasda Provinsi Gorontalo yang dipimpin langsung oleh Fima Agustina, menutup rangkaian parade busana tersebut.
Baca juga: Desainer muda Gorontalo siap tampilkan karawo di IFW 2023
Baca juga: Dekranasda Gorontalo sebut tidak mudah karawo tampil di IFW

 

Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo Rifli Katili (kiri) mengikuti parade Karawo pada malam puncak peringatan Hari Karawo, di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo, Selasa (23/1/2024). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024