Suka Makmue (ANTARA) - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, memberikan bimbingan teknis kepada 716 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) di GOR Alun-Alun Suka Makmue.

"Kegiatan ini kami lakukan sebagai upaya menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024," kata Ketua KIP Nagan Raya Arif Budiman di Suka Makmue, Selasa (23/1).

Training of Trainer Fasilitator Bimbingan Teknis untuk Pemilu Tahun 2024, kata dia, selama 2 hari sejak Selasa (23/1) hingga Rabu di Gedung GOR Alun-Alun Suka Makmue.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dibagi dalam dua gelombang, yaitu gelombang pertama pada hari Selasa terdiri atas Kecamatan Beutong, Seunagan, Seunagan Timur, dan Suka Makmue.

Gelombang kedua, lanjut dia, berlangsung pada hari Rabu dengan peserta berasal dari Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kuala, Kuala Pesisir, Tadu Raya, Tripa Makmur, dan Darul Makmur.

Arif Budiman menyebutkan peserta kegiatan tersebut terdiri atas ketua dan anggota PPK dan ketua/anggota PPS se-Kabupaten Nagan Raya.

Menurut dia, kegiatan ini sangat penting agar petugas PPK dan PPS dapat memahami dan memastikan kinerja KPPS sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ia juga meminta kepada PPK dan PPS untuk mengikuti acara ini dengan serius karena pascapelantikan KPPS pada tanggal 25 Februari 2024, PPK dan PPS akan melatih KPPS terkait dengan kode etik dan tata kerja KPPS.

Selain materi, kata dia, peserta juga dibekali tata cara pengisian Formulir Model C1 Plano dan penggunaan aplikasi Sirekap oleh tim hukum dan tim teknis KIP Kabupaten Nagan Raya.

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024