Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) menegaskan komitmennya untuk menyukseskan kegiatan-kegiatan yang menjadi agenda utama esports nasional dan internasional sepanjang 2024.

Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo dalam keterangan resmi yang diterima pada Rabu, mengatakan salah satu agenda penting esports nasional 2024 adalah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang berlangsung di Sumatera Utara dan Aceh.

Selain itu, agenda esports nasional yang membutuhkan dukungan optimal adalah Liga Esports Nasional, termasuk liga nasional yang diperuntukkan bagi pelajar dan mahasiswa.

“Kami berharap, PON XXI 2024 mampu melahirkan generasi baru bintang-bintang esports Indonesia. Begitu pula harapan kami terhadap Liga Esports Nasional,” kata Bambang.

“Di tengah persaingan esports dunia yang makin ketat, kita membutuhkan atlet-atlet yang tidak hanya skillful, namun juga berkarakter, bermental baja dan terpuji, serta punya komitmen tinggi dalam bela negara,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: PB ESI nilai Generasi Top Series mampu jadi wadah talenta-talenta baru

Terkait harapannya tersebut, Ketua Harian PB ESI mengimbau kepada seluruh jajaran PB ESI untuk terus meningkatkan sinergi bersama seluruh ekosistem, di antaranya pengembang dan penerbit gim, tim-tim esports profesional dan amatir, dunia pendidikan, hingga komunitas. Sinergi tersebut diyakini dapat memberikan dorongan terhadap pertumbuhan esports secara inklusif.

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal PB ESI Frengky Ong memaparkan beberapa agenda penting esports 2024.

“Indonesia akan berpartisipasi pada Kejuaraan Dunia Esports IESF ke-16 yang tahun ini finalnya akan berlangsung di Riyadh, Saudi Arabia,” kata Frengky.

Ia menilai, perjuangan Indonesia tahun ini lebih menantang, karena di semua nomor yang diikuti harus melalui kualifikasi zona, sehingga, perlu persiapan yang strategis guna meraih prestasi optimal.

“Agenda lain adalah pesta olahraga multi cabang prestisius tingkat Asia, Asian Indoor dan Martial Arts Games (AIMAG) yang akan berlangsung di Bangkok,” ujar Frengky.

Adapun sepanjang 2023, Indonesia menorehkan cukup banyak prestasi di cabang olahraga elektronik ini. Timnas esports Merah Putih keluar sebagai juara umum pada SEA Games 2023 Kamboja dengan tiga emas dan dua perak.

Baca juga: PB ESI: Liga Esports Nasional bukti pengembangan ekosistem esports

Kemudian, Indonesia menyabet medali perak untuk nomor MLBB pada Kejuaraan Dunia Esports IESF ke-15 yang berlangsung di Iasi, Rumania.

Tahun lalu, IESF juga menominasikan Indonesia sebagai National Federation of The Year 2023. Ekosistem esports di Indonesia juga mendapatkan kepercayaan internasional untuk menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan esports internasional di antaranya M4 World Championship 2023, Bali Major 2023, MPL Invitational 2023, Snapdragon Pro Series SEA Season 3, Ragnarok Stars 2023, dan Grand Final PUBG Mobile Global Championship 2023.

PB ESI bersama Garudaku juga sukses menggelar Liga Esports Nasional 2023. Tahun ini, Liga Esports Nasional akan kembali bergulir dengan melibatkan kota besar di Indonesia, termasuk Medan, Yogyakarta, Padang, dan Samarinda. Sistem yang dijalankan dalam kompetisi tersebut di antaranya Liga 3, Liga 2, dan Liga 1 Esports Nasional.

Baca juga: PB ESI berharap Liga Esports Nasional jadi pengembangan atlet muda

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024