Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) mengapresiasi kemitraan EVOS dan AXIS yang sudah mampu menggelar turnamen e-sport hingga 70 kali untuk menumbuhkan bakat atau talenta muda olahraga elektronik di Tanah Air.

"Sampai tahun 2023, EVOS dan AXIS sudah membuat lebih dari 70 turnamen, itu menjadi kontribusi yang luar biasa bagi ekosistem e-sport secara keseluruhan," ujar Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Komunikasi PB ESI Debora Imanuella dalam acara Konferensi Pers 5 Years Partnership EVOS-AXIS di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, aspek kunci dari membangun e-sport di Tanah Air adalah kompetisi. Semakin banyak kompetisi, kata dia, maka akan semakin bagus untuk komunitas.

Oleh sebab itu, kontribusi EVOS sebagai klub olahraga elektronik dan AXIS sebagai sponsorship yang sudah mencatatkan gelaran turnamen sebanyak lebih dari 70 kali merupakan hal yang sangat positif bagi komunitas dan industri e-sport secara keseluruhan.

"Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk AXIS yang berkomitmen besar dan jangka panjang untuk turut membangun e-sport," katanya.

Baca juga: EVOS bina belasan talenta muda esport lewat EFC Pro Series Season 2

Ia mengatakan, kemitraan kedua pihak tersebut bisa menjadi contoh luar biasa untuk brand-brand yang lain di Tanah Air karena brand atau sponsorship memiliki kontribusi paling besar di industri e-sport.

Debora mengatakan, dalam kesempatan lain, ia juga menyampaikan kepada pihak brand yang lain agar jangan masuk ke industri e-sport secara musiman. Ketika memutuskan untuk ke industri e-sport, kata dia, maka harus bisa menjaga komitmen untuk menunjukkan kontribusi kepada komunitas

"Jadi bukan hanya sekedar pasang logo saja," pungkasnya.

Debora menambahkan, e-sport yang sudah menjadi salah satu olahraga prestasi yang sudah diakui secara global dan ke depan akan ada kompetisi piala dunia (world cup).

E-sport di Indonesia, kata dia, sudah pasti akan semakin besar karena turut menorehkan prestasi seperti menyumbangkan medali emas pada Sea Games 2023.

Baca juga: Kemenpora dan IESPL gelar Piala Menpora Esports 2020 Axis kala pandemi

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024