Jakarta (ANTARA) - Politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu menilai sosok Megawati Soekarnoputri merupakan guru dan teladan bagi semua rakyat Indonesia untuk belajar tentang demokrasi dan nasionalisme.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu, Adian mengutarakan hal itu dalam video ucapan selamat ulang tahun ke-77 untuk Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang berlangsung, Selasa (23/1).

"Selamat ulang tahun untuk Ibu Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDI Perjuangan, tempat di mana saya, kami, rakyat belajar tentang demokrasi, belajar tentang nasionalisme, belajar tentang bagaimana menjaga konstitusi dan bagaimana mencintai Indonesia yang luar biasa besarnya ini," kata Adian.

Baca juga: HUT Ke-77 Megawati, Aktivis 98: Ibu penjaga dan penegak demokrasi

Anggota Komisi VII DPR RI ini mengatakan bahwa Megawati Soekarnoputri juga mengajarkan kepada para rakyat Indonesia, terutama kader PDI Perjuangan tentang bagaimana cara berpikir, bertindak dan mengambil keputusan.

"Sekali lagi selamat ulang tahun Ibu Megawati Soekarnoputri. Sumber inspirasi bagi seluruh rakyat Indonesia, sumber semangat, sumber kegigihan, ketabahan dan daya tahan juang yang luar biasa. Merdeka," ucap Adian dalam potongan akhir video yang beredar sejak kemarin sore tersebut.

PDI Perjuangan menggelar perayaan yang dihadiri oleh keluarga dan kerabat Megawati. Perayaan hari ulang tahun Megawati digelar secara sederhana.

"Seluruh anggota dan kader PDI Perjuangan dengan penuh syukur mengucapkan selamat ulang tahun kepada Ibu Megawati Soekarnoputri yang hari ini merayakan Ultah ke-77," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Selasa (23/1).

Baca juga: Megawati rayakan ultah Ke-77 bersama sahabat-menteri dari PDIP

"Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, ulang tahun Ibu Megawati diadakan secara sederhana dan dihadiri oleh keluarga dan sahabat dekat beliau," sambungnya.

Hasto menuturkan para kader PDIP turut serta merayakan ulang tahun Presiden RI ke-5 itu. Perayaan ulang tahun dilakukan dengan kegiatan kebudayaan dan kader partai akan membagi-bagikan tumpeng kepada warga.

"Seluruh jajaran partai ikut bergembira dan ungkapan syukur dilakukan dengan membagi tumpeng untuk rakyat. Di beberapa wilayah dilakukan penghijauan sebagai bagian merawat pertiwi yang menjadi tradisi keseharian Ibu Megawati yang dikenal suka tanaman, dan selalu merawat lingkungan hidup termasuk menjadi Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia," jelasnya.

Baca juga: HUT ke-77 Megawati, Ganjar: Semoga sehat dan bahagia selalu
Baca juga: Anies Baswedan: Megawati konsisten dalam menjaga demokrasi 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024