sebagai BUMN terus berbakti kepada masyarakat dan bangsa dan dapat terus memberikan yang terbaik dalam pelayanan jasa kepelabuhanan
Jambi (ANTARA) - PT Persero Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 2 Jambi menyalurkan Rp537,7 juta dana Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) selama tahun 2023 kepada masyarakat guna mendukung pembangunan ekonomi setempat.

General Manager Pelindo Regional 2 Jambi Ahmad Fahmi dalam keterangan di Jambi, Rabu, mengatakan penyaluran TJSL merupakan bukti bahwa Pelindo sebagai salah satu badan usaha milik negara (BUMN) tidak hanya berkontribusi dalam pengembangan bisnis, namun juga memiliki komitmen dalam memberdayakan dan menyejahterakan masyarakat melalui program-program TJSL.

"Melalui Program TJSL ini, kami (Pelindo) sebagai BUMN terus berbakti kepada masyarakat dan bangsa dan dapat terus memberikan yang terbaik dalam pelayanan jasa kepelabuhanan," kata dia.

Sepanjang 2023, bantuan yang diberikan meliputi Program Pelindo Mengajar sebesar Rp45,5 juta, Program Pelindo Berbagi Ramadhan (takjil gratis, sembako gratis dan santunan anak yatim) sebesar Rp177,5 juta, Program BUMN Hijaukan Indonesia sebesar Rp35 juta.

Baca juga: Pelindo Regional 2 Jambi layani 6.987 unit kapal selama tahun 2023

Baca juga: Pelindo Regional 2 eksplorasi potensi pengembangan Pelabuhan Jambi


Selain itu Pelindo Berbagi Qurban sebesar Rp142,8 juta, Pelatihan dan Sertifikasi K3 Muda sebesar Rp49,8 juta, Pelindo Champions Scholarship Port Community sebesar Rp32 juta dan Pelindo Champions Scholarship Universitas Jambi sebesar Rp55 juta.

Ia mengatakan komitmen Pelindo Jambi selama tahun 2023 dalam memberikan manfaat bagi masyarakat lingkungan perusahaan melalui program-program TJSL yang disalurkan.

TJSL Pelindo juga dirasakan oleh pemerintah daerah meliputi Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi.

Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi mengapresiasi penyaluran TJSL Pelindo Regional 2 selama setahun belakangan yang aktif ikut membangun Muaro Jambi.

Penjabat Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah mengapresiasi dukungan Pelindo Jambi membantu pemerintah daerah menyejahterakan masyarakat di sekitar pelabuhan.

“Saya berharap Pelindo dapat berbagi lebih banyak lagi memberikan qurban, semoga ini semua bisa bermanfaat untuk warga yang berada di lingkungan kerja Pelindo," kata dia.

Di lingkungan sekitar pelabuhan, Pelindo Jambi juga melakukan penanaman pohon produktif di Desa Tantan dan Desa Rantau Majo, Kabupaten Muaro Jambi.

Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN, dalam Permen BUMN Nomor Per-05/MBU/04/2021 tentang Program TJSL BUMN dimaksudkan adalah kegiatan yang merupakan komitmen perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi dan terarah.

Baca juga: UMKM binaan SPJM Pelindo ramaikan bisnis kuliner di Kota Makassar

Baca juga: Subholding Pelindo gandeng FKS perkuat layanan logistik terintegrasi

Pewarta: Tuyani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024