Jakarta, 30 Agustus 2013 (ANTARA/Pushumas Kemenhut) -- Menteri Kehutanan (Menhut) RI Zulkifli Hasan menjadi salah satu narasumber di dalam Orientasi Kepemimpinan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (OKPPD) yang diadakan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Kamis, 29/08/2013 malam tadi. Diklat ini diikuti oleh beberapa walikota, bupati dan wakil bupati se-Indonesia. Selain Menhut, hadir pula sebagai pembicara yaitu Sekjen Menteri Pertanian (Mentan) Hari Priyono dan Sekjen Menhut Hadi Daryanto, serta bertindak sebagai moderator yaitu Direktur OKPPD Kemendagri Y.Sudarmaji.

     Dalam presentasinya yang berjudul Pembangunan Sektor Kehutanan dan Kewenangan Pemerintah Daerah, Menhut menyampaikan pentingnya pemerintah daerah untuk peduli terhadap hutan agar dapat dipertahankan fungsinya guna pembangunan ekonomi yang berkelanjutan di daerah tersebut. Hal tersebut juga dilatarbelakangi karena hutan serta ekosistem yang terkandung di dalamnya adalah penyangga kehidupan.

     Pada kesempatan ini, Menhut juga menyampaikan keprihatinannya terhadap perubahan iklim yang sedang terjadi sekarang ini di dunia karena berpotensi merusak tatanan kehidupan manusia. Karenanya, Menhut menyatakan bahwa diperlukan adanya dukungan dari pemerintah daerah untuk mendukung program tanam pohon yang sedang diadakan oleh pemerintah pusat. Menhut mengajak para pemimpin daerah untuk menanam pohon di lahan-lahan kosong dengan melibatkan para Kepala Desa (Kades) dan masyarakat setempat.


     Pada kesempatan yang sama, Menhut juga menegaskan pentingnya para pejabat di pemerintah daerah untuk mengerti tentang kewenangan pemakaian lahan hutan adalah sebesar 85 persen ada pada pemerintah daerah, menurut PP no. 38. Selain itu, Menhut juga memberikan beberapa materi tentang kehutanan kepada para peserta orientasi diantaranya mengenai pengertian hutan, sejarah kawasan hutan, luas kawasan dan kondisi penutupan hutan Indonesia serta tantangan dan peluang bagi Kementerian Kehutanan. Setelah materi selesai disampaikan, Menhut juga sempat berdiskusi dengan para peserta orientasi.


Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013