Diberikan sampai bulan Juni 2024 dan diberikan untuk 22 juta penerima bantuan pangan.
Indramayu (ANTARA) -
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan program bantuan pangan yang diselenggarakan pemerintah untuk 22 juta jiwa penerima terus disalurkan hingga Juni 2024.
 
“Diberikan sampai bulan Juni 2024 dan diberikan untuk 22 juta penerima bantuan pangan,” kata Menko Airlangga, di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Jabar), Rabu.
 
Airlangga menyampaikan pelaksanaan program itu merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang bertujuan meringankan beban masyarakat serta mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrem di seluruh daerah.

Airlangga mengaku telah memantau secara langsung distribusi bantuan pangan ini, untuk memastikan penyalurannya tepat sasaran.
 
Misalnya penyaluran untuk 100 orang penerima bantuan di Desa Eretan Kulon, Kabupaten Indramayu, yang masing-masing mendapatkan beras sebanyak 10 kilogram kg per orang.
 
“Hari ini dilakukan pembagian bantuan pangan beras di Desa Eretan Kulon kepada 100 penerima,” ujarnya lagi.
 
Ia menjelaskan pada program bantuan pangan dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Tahun 2024, Perum Bulog telah mengalokasikan beras sebanyak 305.433 ton khusus untuk Provinsi Jabar yang didistribusikan melalui PT Pos Indonesia.
 
Airlangga menilai dengan kerja sama dari dua instansi itu proses penyalurannya bisa berjalan seefektif mungkin, karena banyak masyarakat di daerah sangat membutuhkan bantuan tersebut.
 
“Di mana seperti tadi dalam dialog dengan masyarakat, sangat membutuhkan bantuan tersebut. Saya berterima kasih kepada Pemerintah Jawa Barat karena telah bersama dengan Bulog dan juga PT Pos telah menyalurkan di kantor Desa Eretan ini,” katanya pula.
 
Selain program itu, menurutnya lagi, pemerintah juga secepatnya menggulirkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino sebesar Rp200 ribu per orang untuk warga di Kabupaten Indramayu dan daerah lainnya.
 
“Sekarang dalam proses dan diharapkan di awal bulan depan bisa diluncurkan,” ujar dia lagi.
Baca juga: Presiden Jokowi berikan bantuan pangan CBP di Temanggung
Baca juga: Pos Indonesia pastikan kecepatan-ketepatan distribusi bantuan CBP

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024