Tangerang (ANTARA) - Rumah Kreatif Jasa yang merupakan gerai khusus UMKM di Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang Banten telah mewadahi 220 pelaku UMKM dalam promosi maupun berjualan.

Camat Karang Tengah Hendriyanto di Tangerang Rabu menuturkan Rumah Kreatif Jasa dibangun menggunakan APBD tahun 2022 sebagai upaya untuk meningkatkan kembali geliat ekonomi para pelaku UMKM.

Hingga saat ini terdapat 220 anggota UMKM yang tergabung dan sangat terbuka bagi pelaku usaha lainnya yang ada di Kecamatan Karang Tengah untuk bergabung.

“Adanya gerai Rumah Kreatif Jasa bagi pelaku UMKM memberikan semangat baru untuk mereka mempromosikan produk UMKM. Pastinya kami selaku pemerintah daerah akan terus mendukung program yang bertujuan meningkatkan ekonomi industri kecil dan menengah,” kata dia.

Gerai UMKM Rumah Kreatif Jasa berlokasi di Jl. Sunan Giri RT.001/RW.001, Kelurahan Pondok Pucung, Komplek Kantor Kecamatan Karang Tengah. Tempat ini buka setiap hari Senin hingga Jumat pukul 07.30-14.00 WIB.

Ia pun menambahkan tak hanya mewadahi dengan fasilitas tempat seperti ini, Kecamatan Karang Tengah juga membantu dalam mempromosikan setiap produk yang ada di gerai Rumah Kreatif Jasa.

"Apalagi setiap harinya secara bergantian produk UMKM dari tujuh kelurahan dijajakan. Selain itu, UMKM Kecamatan Karang Tengah juga telah memiliki e-catalog yang memudahkan dalam memasarkan produk mereka," katanya.

Ketua Umum UMKM Kecamatan Karang Tengah Yunus Nurul Lazuardi mengaku senang dengan adanya gerai UMKM di Kecamatan Karang Tengah ini sehingga dapat menjajakan produk-produk UMKM dari mulai makanan untuk sarapan, bakery, camilan basah dan kering, minuman segar, serta adapula produk fashion dan craft.

"Semuanya dibandrol dengan sangat terjangkau dan variatif, mulai dari Rp2 ribu hingga ratusan ribu saja,” kata dia.

Ia berharap gerai Rumah Kreatif Jasa ini dapat menjadi komitmen bersama untuk mengembangkan produk usaha di Kecamatan Karang Tengah.

“Alhamdulillah berkat konsisten berjualan setiap harinya kami mampu meraup omset hingga jutaan rupiah. Semoha para pelaku UMKM dapat menjalankan sesuai tagline kita “TAJIR” dengan makna Taqwa, Amanah, Jujur, Istiqomah, dan Rezeki lancar,” imbuh Yunus.

Baca juga: Teten harap Pos Bloc Medan jadi rumah kreatif UMKM

Baca juga: Pemkab Garut bangun Rumah Bersama untuk produk kreatif berbahan kulit

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024