Shanghai (ANTARA) - Shanghai yang juga pusat keuangan China menetapkan target pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) regional di kisaran 5 persen untuk 2024.

PDB Shanghai mencapai 4,72 triliun yuan atau sekitar 663,7 miliar dolar AS pada 2023, naik 5 persen secara tahunan (year on year/yoy), demikian ungkap Wali Kota Shanghai Gong Zheng ketika menyampaikan laporan kerja pemerintah pada sesi kedua Kongres Rakyat Kota Shanghai ke-16, Selasa (23/1).

Shanghai, yang berada di garis depan reformasi dan keterbukaan China, mencatat kinerja yang baik di sektor perdagangan luar negeri tahun lalu dengan nilai impor dan ekspor gabungan mencapai rekor tertinggi 4,21 triliun yuan.

Throughput peti kemas Pelabuhan Shanghai mencapai 49,15 juta TEU (twenty-foot equivalent unit), menduduki peringkat pertama di dunia selama 14 tahun berturut-turut, kata laporan tersebut.

Pada 2023, penggunaan aktual modal asing di Shanghai mencapai 24 miliar dolar AS, juga merupakan rekor tertinggi. Laporan tersebut menunjukkan bahwa Shanghai adalah rumah bagi 956 kantor pusat regional perusahaan multinasional serta 561 pusat penelitian dan pengembangan (litbang) yang didanai asing, termasuk masing-masing 65 dan 30 yang didirikan tahun lalu.

Sejumlah mesin pertumbuhan baru terus mendorong perekonomian kota metropolitan itu. Tahun lalu, menurut Gong, skala tiga industri terkemuka Shanghai yaitu sirkuit terpadu, biomedis, dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), mencapai 1,6 triliun yuan.

Sebagai hasil dari upaya kota itu untuk mencapai target puncak karbon, jumlah kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) di Shanghai mencapai lebih dari 1,28 juta unit tahun lalu, menduduki peringkat pertama di antara kota-kota di seluruh dunia.

Selama tahun lalu, Shanghai memperkenalkan sejumlah kebijakan guna mendukung pengembangan inovatif di sejumlah bidang, seperti cip otomotif, biologi sintetis, robot cerdas, dan kedirgantaraan komersial.

Gong mengatakan bahwa pada 2024, Shanghai akan menargetkan untuk lebih lanjut mempercepat upayanya untuk menjadi pusat internasional terkemuka di bidang ekonomi, keuangan, perdagangan, perkapalan, dan inovasi teknologi. Kota itu juga akan mengimplementasikan putaran baru reformasi lingkungan bisnis yang mencakup 150 langkah.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024