Berbagai inovasi dan terobosan peningkatan kualitas SDM di bidang transportasi terus dilakukan oleh Kementerian Perhubungan
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong perguruan tinggi di bawah pengelolaannya untuk mengoptimalkan Badan Layanan Umum (BLU) sehingga lebih maksimal dalam memberikan pendidikan vokasi.

"Berbagai inovasi dan terobosan peningkatan kualitas SDM di bidang transportasi terus dilakukan oleh Kementerian Perhubungan," kata Plt. Kepala BPSDMP, Capt Wisnu Handoko dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Saat membuka kegiatan Rapat Kerja (Raker) dan Giat Jiwa Korsa di Lingkungan BPSDMP di Madiun, Jawa Timur, Wisnu mengatakan saat ini BPSDMP memiliki 25 Unit Kerja BLU di bidang pendidikan dan berharap bahwa unit kerja yang telah berstatus sebagai BLU ini lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan layanan kepada masyarakat terutama di bidang pendidikan vokasi.

Dikatakan dalam beberapa kesempatan Presiden Joko Widodo meminta Lembaga Pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, maka instansi pemerintah didorong menjadi BLU. Hal ini dengan maksud agar layanan publik menjadi lebih baik, lebih cepat dan lebih berkualitas.

"Dan BLU yang ada di bawah BPSDMP harus bisa mengoptimalkan perannya sehingga pendidikan vokasi menjadi lebih maju lagi," katanya.

Ia juga menambahkan bahwa BLU dibekali dengan seperangkat keleluasaan atau fleksibilitas dengan tujuan agar dapat dimanfaatkan sepenuhnya bagi peningkatan Layanan. Dan fleksibilitas yang diberikan bagi BLU merupakan alat untuk mencapai tujuan meningkatkan layanan.

“Saya juga berharap Pimpinan BLU di bawah BPSDMP harus dapat memiliki kreatifitas yang tinggi terkait dengan pengembangan unit usahanya, pimpinan BLU harus mampu mengembangkan unit usaha di luar layanan utamanya tanpa menghilangkan misi utamanya dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat pada bisnis utamanya,” katanya.

Pada Raker Tahun 2024 ini, ada beberapa hal yang di bahas. Seperti evaluasi pelaksanaan anggaran T.A 2023, rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2024, optimalisasi manajemen pengelolaan aset negara melalui digitalisasi, implementasi manajemen resiko pada unit kerja di lingkungan BPSDMP serta strategi implementasi BPSDMP tahun 2025-2029 yang mengacu pada Kebijakan Strategis Kementerian Perhubungan Tahun 2025-2029.

“Melalui Raker ini saya berharap akan muncul ide – ide baru serta masukan dari Peserta Raker sehingga BPSDMP dapat melaksanakan tugasnya untuk lebih baik lagi dan tujuan untuk mewujudkan pengelolaan SDM di bidang transportasi yang berkualitas unggul dan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dapat dicapai,” ujar Capt Wisnu.

Baca juga: Kemenhub latih 19 instruktur pelaut Namibia
Baca juga: Lulusan kampus Kemenhub harus jadi agen perubahan
Baca juga: Pelaut Indonesia miliki peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024