Kewenangan kami ada di penataan taman median dan tugas kami bagaimana membuat ruas jalan ini menjadi lebih cantik dan indah
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat membangun taman median sepanjang total 1,8 kilometer sebagai upaya mempercantik Jalan Inspeksi Kalimalang yang menjadi salah satu ikon di daerah itu.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Kabupaten Bekasi Nur Chaidir mengatakan pembangunan taman median pada Ruas Kalimalang menjadi salah satu upaya penataan jalan sesuai kewenangan masing-masing perangkat daerah.

"Kewenangan kami ada di penataan taman median dan tugas kami bagaimana membuat ruas jalan ini menjadi lebih cantik dan indah," katanya di Cikarang, Kamis.

Dia mengatakan secara keseluruhan, penataan Ruas Jalan Inspeksi Kalimalang menjadi kewenangan sejumlah perangkat daerah. Seperti Dinas Bina Marga dengan membangun konstruksi jalan maupun Dinas Perhubungan melalui pemasangan lampu penerangan serta rambu dan marka jalan.

"Kalau kami bertanggung jawab untuk menata dan membangun taman median jalan. Setidaknya sepanjang 1,8 kilometer telah dibangun dari batas Tegal Danas hingga Tegal Gede," katanya.

Pihaknya juga fokus pada perawatan taman median, termasuk pemotongan pepohonan dan penyiraman guna menjaga keindahan serta kenyamanan. Taman median juga dilengkapi pencahayaan malam hari untuk menampilkan keindahan pada Ruas Jalan Inspeksi Kalimalang.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi Cecep Noor mengatakan pemerintah daerah sedang melakukan proses musyawarah rencana pembangunan untuk mendengarkan aspirasi warga di wilayah Kecamatan Cikarang Selatan dan penataan Jalan Inspeksi Kalimalang merupakan salah satu usulan prioritas masyarakat.

Sementara dalam kesempatan rapat dengar pendapat dengan dinas teknis yang menangani konstruksi, keterbatasan anggaran menjadi faktor utama penghambat percepatan pembangunan padahal pembiayaan memadai penting untuk merealisasikan pembangunan berkualitas serta pemeliharaan rutin.

"Sebagian Jalan Kalimalang juga ada di wilayah Cikarang Selatan. Memang melalui rapat dengar pendapat dengan dinas teknis yang membidangi konstruksi sudah kami sampaikan, dengan keterbatasan anggaran. Ketika sudah dianggarkan dan dilakukan pembangunan, setidaknya kualitas pembangunan serta pemeliharaan secara rutin penting diterapkan," katanya.

Menurut dia, Ruas Inspeksi Kalimalang sebagai jalan terpanjang di Kabupaten Bekasi, layak menjadi ikon daerah.

"Kami terus mendorong agar pembangunan dilakukan secara bertahap dengan fokus pada kualitas, termasuk perawatan penerangan jalan umum dan taman," kata dia.

Baca juga: Pemkab Bekasi bangun GOR Squash berstandar internasional

Baca juga: Pemkab Bekasi gandeng swasta bangun instalasi olah sampah industri

Baca juga: Pemkab Bekasi lanjutkan pelebaran Jalan Inspeksi Kalimalang


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024