Jadi ada dua tujuannya, yang pertama adalah kepatuhan, dan yang kedua dampaknya terhadap peningkatan kepuasan publik
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan meraih penghargaan dari Ombudsman RI karena berhasil dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan berhasil meraih predikat kualitas tinggi dengan nilai 87,35.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menerima langsung penghargaan yang diserahkan oleh anggota Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis.

"Alhamdulillah ini pencapaian yang baik dan Luwu Utara terbaik kedua pelayanannya di Sulawesi Selatan. Kita berhasil meraih nilai tertinggi dan termasuk kategori B (zona hijau) dalam penilaian kepatuhan pelayanan publik," ujarnya.

Baca juga: Pemprov: 16 kabupaten kota di Sulsel zona hijau layanan publik

Indah mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap proses pemerintahan berjalan sesuai standar pelayanan

"Jadi ada dua tujuannya, yang pertama adalah kepatuhan, dan yang kedua dampaknya terhadap peningkatan kepuasan publik," katanya.

Lebih lanjut, Indah menyebutkan sesuai penyampaian Ombudsman RI, ada tiga kunci yang harus menjadi fokus pemerintah daerah dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pertama bagaimana memastikan infrastruktur ekonomi terbangun dengan baik, yang kedua terkait sumber daya manusia dalam hal pelayanan dasar bidang pendidikan dan kesehatan, dan yang ketiga terkait tata kelola, baik keuangan maupun birokrasi.

Baca juga: Mengaktifkan jejaring pengawasan guna perbaiki layanan publik di Papua

"Jadi melalui kesempatan ini pemda selalu berkomitmen untuk memastikan proses bisnis selalu berdasarkan pada regulasi yang berlaku dengan memperhatikan standar pelayanan publik dan kepatuhan. Kita berharap dapat berdampak pada peningkatan kepuasan publik yang ada di Kabupaten Luwu Utara," ucapnya.

"Selamat juga untuk kawan-kawan jajaran Pemda Luwu Utara yang telah berpartisipasi dan termasuk juga bagian yang mendampingi penilaian ini. Dan kita terus berkomitmen di tahun 2024 nilainya menjadi semakin membaik dan bisa kembali menjadi yang terbaik di provinsi dan masuk jajaran terbaik di tingkat nasional," tuturnya.

Sebelumnya, anggota Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng menyampaikan terima kasih kepada kepala daerah yang hadir pada penganugerahan tersebut.

"Buat saya kehadiran kepala daerah menunjukkan komitmen dan dukungan terhadap pelayanan publik itu sendiri. Masyarakat berhak memberikan penilaian atas pelayanan yang kita berikan dan yang dinilai ombudsman juga mencerminkan apa yang dirasakan masyarakat," ucapnya.

"Buktikan bahwa bapak/ibu sudah patuh pada standar pelayanan publik yang pada akhirnya akan menghasilkan kepuasan masyarakat yang bahagia dan sejahtera," Robert menambahkan.


Baca juga: Sultan HB X minta Ombudsman DIY awasi pelayanan hingga level kelurahan  

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024