Phnom Penh (ANTARA) - Kamboja pada Rabu (24/1) memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-25 berdirinya Angkatan Darat Kerajaan Kamboja (Royal Cambodian Army/RCA), yang merupakan salah satu matra dari Angkatan Bersenjata Kerajaan Kamboja (Royal Cambodian Armed Forces/RCAF).

Mengenakan seragam militer kerajaan lengkap, Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Manet memimpin upacara tersebut, yang digelar di markas besar RCA di pinggiran barat Phnom Penh, ibu kota negara tersebut.

Setibanya di lokasi, PM Kamboja menaiki mobil Jeep kamuflase terbuka untuk melakukan inspeksi terhadap para tentara sebelum menuju panggung.

Pada acara tersebut, sebuah parade militer digelar, mendemonstrasikan tank tempur, kendaraan lapis baja, artileri, peluncur roket, dan senjata lainnya, serta truk militer.

Berbicara di hadapan ribuan tentara pada upacara itu, Hun Manet mengungkapkan rasa terima kasihnya yang tulus kepada angkatan bersenjata atas pengorbanan mereka yang luar biasa untuk mempertahankan kemerdekaan, kedaulatan, integritas teritorial, dan rakyat Kamboja.

Dia mengatakan bahwa RCA juga telah memberikan kontribusi luar biasa dalam menjaga perdamaian yang diraih dengan susah payah, yang merupakan prasyarat utama bagi pembangunan nasional.

Dia mendorong para tentara untuk secara rutin meningkatkan kapasitas mereka agar dapat merespons kebutuhan-kebutuhan saat ini dan mengikuti perkembangan peralatan militer modern.

RCA didirikan pada 1999. RCAF, yang didirikan pada 1953, juga terdiri dari Angkatan Laut Kerajaan Kamboja dan Angkatan Udara Kerajaan Kamboja. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024