Ini merupakan emas ketiga beruntun yang diraih Ifka.
Makassar (ANTARA News) - Karateka andalan Sulawesi Selatan Ifka Widyasari untuk ketiga kali berhasil merebut medali emas pada Kejuaraan Nasional Piala Mendagri XVII di Bali, 28--31 Agustus 2013.

Pelatih Karate Sulsel Mursalim Badoo saat dihubungi dari Makassar, Sabtu, mengatakan Ifka pada Piala Mendagri 2013 berhasil menjadi yang terbaik pada kategori kumite junior 48kg.

Ifka sebelumnya juga sukses di Piala Mendagri 2011 di Kalsel dan 2012 di Manado di kelas kumite cadet 47kg.

"Ini merupakan emas ketiga beruntun yang diraih Ifka. Kami tentu bersyukur sekaligus bangga karena dia bisa tampil konsisten," jelasnya.

Keberhasilan Ifka merebut emas, kata dia, sekaligus menjaga peluangnya kembali mempertahankan prestasi sebagai best of the best yang dicapainya pada 2012.

Untuk mempertahankan prestasi tersebut, tim pelatih mengaku fokus meningkatkan motivasi Ifka. Pelatih yang juga sempat menangani timnas Indonesia itu juga berharap Ifka bisa fokus dan tampil lebih tenang pada pertandingan tersebut.

Selain Ifka, tim Sulsel juga berhasil mengumpulkan lima medali perunggu melalui Magfirah (kata perorangan junior), Jessica (Kumite junior), Yunita (U-21 putra), Andi Dasril (kata putra U-21) serta Muhammad Fadel yang tampil di kelas kumite junior-52kg.

"Hingga Sabtu sore ini kita masih menyisakan beberapa pertandingan. Mudah-mudahan bisa kembali merebut medali emas demi mewujudkan target di Piala Mendagri 2013," katanya.

Kontingen Sulawesi Selatan di Piala Mendgari 2013 menurunkan 28 karateka terbaiknya. Jumlah dan kualitas atlet yang lebih banyak menjadi alasan pihaknya mematok target sebagai juara umum pada 2013.

Pada Piala Mendagri 2012, tim Sulsel yang hanya menurunkan 13 atlet justru berhasil merebut tiga medali emas masing-masing melalui Feby Ramadan (kumite cadet 63 kg), Muh Rian (kumite junior 76 kg), Ifka Widyasari (Kumite cadet 47 kg).

Selain itu, Tim Sulsel juga berhasil merabut tiga perak melalui Magfirah (kata perorangan cadet), Firdayanti (kumite cadet 47 kg), Dahmansyah (kumite junior 68 kg).

Tim Sulsel juga mempersembahkan empat perunggu dari Andre Salim (kumite junior 76 kg), Muh Fadli (kata perorangan), Faradiba (kumite junior 59 kg), serta Muh Fadel dari nomor kumite cadet 52 kg.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013