Padang (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PB Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) Raja Septa Ervian menyatakan Sumatera Barat (Sumbar) telah berhasil menyelenggarakan Kejuaraan Nasional Karate Piala Ketua Umum PB FORKI.

Kejuaraan nasional yang diselenggarakan di Auditorium kampus Universitas Negeri Padang (UNP) di Padang telah dimulai sejak Senin (3/10) dan akan berlangsung hingga Kamis (6/10).

"Kami mengapresiasi Ketua Umum FORKI Sumbar beserta jajaran karena sampai hari ketiga pelaksanaan secara keseluruhan berjalan dengan lancar," kata Raja Septa Ervian di Padang, Rabu.

Dia mengatakan tuan rumah FORKI Pengprov Sumbar telah menyiapkan kebutuhan dengan maksimal mulai dari pembukaan, pelatihan atlet, hingga pertandingan.

"Berbekal pengalaman kami menggelar kejuaraan sejauh ini, Sumbar sebagai panitia terbilang sukses. Kami menyampaikan terimakasih," kata Raja Septa.

Baca juga: Kejurnas FORKI di Padang ajang cari bibit untuk kejuaraan dunia

Dia menyebutkan dari 1.151 atlet yang berlaga dalam Kejurnas ini ada atlet karate kelas dunia yang memperkuat tim nasional Indonesia dalam SEA Games.

Raja Septa menyebutkan hingga 4 Oktober telah digelar pertandingan untuk kategori kader dan junior dengan jumlah 23 kategori.

Pertandingan yang tersisa pada 5-6 Oktober dari 28 kategori dalam kelompok usia 21 tahun dan senior.

Ketua Umum FORKI Pengprov Sumbar Andre Rosiade mengatakan pihaknya sudah bertekad menyukseskan ajang ini karena sudah menjadi kehormatan bagi Sumatera Barat.

Dia berterima kasih kepada UNP yang telah bersedia memberikan fasilitas gedung auditorium sebagai tempat kegiatan.

Andre mengatakan banyak hal yang harus dilakukan untuk menghadirkan atlet-atlet karate berprestasi dari Sumatera Barat, salah satunya dukungan dari pemerintah daerah. 

Baca juga: FORKI sampaikan belasungkawa pada keluarga korban tragedi Kanjuruhan

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022