Jakarta (ANTARA) - Timnas Bahrain sukses memuncaki Grup E Piala Asia 2023 setelah menekuk Timnas Yordania dengan skor tipis 1-0 pada pertandingan terakhir babak penyisihan grup di Stadion Khalifa International, Doha, Kamis.
 
Pada pertandingan ini kemenangan Bahrain hadir berkat gol semata wayang Abdulla Yusuf Helal di babak pertama, demikian catatan AFC.
 
Berkat hasil ini Bahrain naik ke peringkat pertama klasemen akhir Grup E dengan enam poin hasil tiga pertandingan, sementara Yordania berada di posisi ketiga mengumpulkan empat poin.
 
Bahrain selanjutnya pada babak 16 besar Piala Asia 2023 akan menghadapi Jepang, sedangkan Yordania akan menghadapi Qatar atau Irak.
 
Secara statistik pada pertandingan ini Yordania mendominasi penguasaan bola dengan mencatatkan 59 persen, sedangkan Bahrain lebih sering melepaskan tendangan dengan sembilan kali percobaan.

Baca juga: Malaysia kejutkan Korea Selatan dengan bermain imbang 3-3
 
Yordania pada pertandingan ini memiliki peluang terlebih dahulu lewat tendangan Anas Bani Yaseen yang masih belum menemui sasaran.
 
Selanjutnya giliran Bahrain yang mendapatkan peluang melalui tendangan Mohamed Mahroon, namun dapat diselamatkan kiper Yordania Yazeed Abu Laila.
 
Bahrain sukses mencetak gol terlebih dahulu pada menit 34 berkat gol yang dicetak oleh Abdulla Yusuf Helal sehingga skor berubah menjadi 1-0.
 
Skuad asuhan Mlada Boleslav kembali memiliki lewat upaya Mahroon, akan tetapi tendangan pemain bernomor punggung delapan masih melambung di atas mistar gawang Yordania.
 
Pada babak kedua, Bahrain mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dalam upaya menambah keunggulan lewat tendangan Ali Madan yang melambung di atas mistar gawang.
 
Selanjutnya Mahroon kembali mendapatkan peluang setelah tendangannya masih dapat dijauhkan oleh tangan Abu Laila.
 
Yordania sempat memiliki peluang melalui sundulan Ali Iyad Olwan, namun bola masih dapat diamankan kiper Bahrain Ebrahim Lutfalla.
 
Pada akhir-akhir pertandingan Bahrain memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan melalui upaya Abdulla Yusuf Helal yang dapat digagalkan Abu Laila. Skor 1-0 bertahan hingga pertandingan usai.

Baca juga: Asa Indonesia untuk cetak sejarah di Piala Asia masih terbuka
Baca juga: STY: Performa Indonesia di Piala Asia 2023 tak cerminkan ranking FIFA

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024