Manado (ANTARA) - Sebanyak 2.107 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kota Tomohon, Sulawesi Utara serentak dilantik bersama-sama dengan lima juta lebih KPPS di seluruh Indonesia.

"Mereka (KPPS) yang dilantik akan bertugas di 301 tempat pemungutan suara," kata Ketua KPU Kota Tomohon, Albertien Grace Vierna Pijoh di Tomohon, Kamis.

Dia berharap, KPPS yang dilantik melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya, penuh dedikasi, serta patuh atas amanah undang-undang.

"KPPS adalah ujung tombak penyelenggara Pemilu 2024 yang menjalankan tugas negara maha penting. Tetaplah menjaga netralitas, integritas dan kepercayaan yang sudah kami berikan," ujarnya.

Memilih KPPS, kata dia, telah dilaksanakan melalui seleksi secara terbuka dan partisipatif dengan memberi kesempatan kepada masyarakat memberi tanggapan atas nama-nama yang terpilih.

"Jagalah kepercayaan publik ini," ajaknya.

Dia menjelaskan, tugas utama KPPS adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, selanjutnya membuat berita acara dan sertifikat hasil pemungutan dan penghitungan suara dan wajib menyerahkannya kepada saksi peserta pemilu, pengawas TPS, PPS, dan PPK melalui PPS.

KPPS juga menyampaikan surat pemberitahuan kepada pemilih sesuai dengan daftar pemilih yg ada di TPS nya untuk menggunakan hak pilihnya di TPS.

"Setelah dilantik, mulai besok para KPPS akan dibekali melalui pelaksanaan bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara," katanya.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024