Jakarta (ANTARA) - Woozi SEVENTEEN resmi merilis lagu “What Kind of Future” khusus untuk sahabatnya, yakni mendiang Moonbin ASTRO yang merayakan ulang tahun ke-26 pada 26 Januari 2024.

“Halo, ini adalah PLEDIS Entertainment. ‘What Kind of Future’ Woozi SEVENTEEN dirilis melalui masing-masing platform musik daring pada pukul 00:00 pagi pada Jumat, 26 Januari 2024 (waktu Korea Selatan),” tulis PLEDIS Entertainment selaku agensi Woozi melalui media Weverse SEVENTEEN, Kamis (25/1) malam.

Sebelumnya, lagu “What Kind of Future” telah dibuat beberapa tahun lalu sebagai lagu unrealeased dan hanya diperdengarkan untuk penggemar di acara tertentu. Namun, Woozi memutuskan untuk merilis lagu ini tepat di hari ulang tahun Moonbin yang ke-26 karena janjinya pada sahabatnya itu tahun lalu.

Baca juga: Di balik mini album "You Made My Dawn" dari SEVENTEEN

Pada 19 April 2023, Moonbin ASTRO menghembuskan napas terakhirnya di Seoul, Korea Selatan dan sempat mengguncang industri K-Pop saat itu. Tidak hanya keluarga dan penggemar, teman-teman dan anggota terdekat Moonbin juga merasakan duka mendalam saat kabar kematiannya disiarkan.

Di bulan April 2023, Woozi sempat menulis komentar di unggahan Instagram terakhir Moonbin untuk mengenangnya. Di komentar tersebut, Woozi mengungkapkan kerinduannya dan berbagi kenangan bersama Moonbin semasa hidupnya.

Melalui komentar itu, Woozi juga berjanji untuk merilis lagu “What Kind of Future” yang menjadi salah satu lagu kedukaan Moonbin. Woozi pun mendedikasikan perilisan lagu ini untuk mengenang Moonbin tepat di hari ulang tahunnya, 26 Januari 2024.

“Kamu tahu lagu ‘What Kind of Future’ yang terus kau tanyakan padaku dan memintaku untuk merilisnya agar kau dapat mendengarkannya kapan saja? Aku akan membawakannya untukmu di hari ulang tahunmu,” tulis Woozi melalui kolom komentar Instagram Moonbin saat itu.

Dia melanjutkan, “Aku akan melawan perusahaan jika harus melakukannya, aku berjanji kepadamu bahwa aku akan merilisnya apapun yang terjadi. Aku minta maaf tidak banyak lagi yang bisa aku lakukan untukmu sebagai kakak. Aku mencintaimu. Aku menyayangimu, dan aku berterima kasih padamu. Di hatiku, kamu akan selalu dan selamanya menjadi adik paling keren yang aku punya. Mari berbahagia sekarang, Bin. Aku mencintaimu,” tulisnya.

Sementara itu, “What Kind of Future” sudah dapat didengar melalui berbagai aplikasi streaming musik, seperti Spotify, Apple Music, YouTube Music, dan lainnya.

Baca juga: "Ruby" Woozi SEVENTEEN puncaki tangga lagu iTunes 18 negara

Baca juga: Woozi SEVENTEEN ungkap detil mixtape solo "Ruby"


Baca juga: Kata Woozi Seventeen soal mixtape solo pertama "Ruby"

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024