Program transmigrasi adalah solusi dan jalan perjuangan. Indonesia tidak akan kekurangan pangapcn, selagi ada transmigran di daerah yang membuka lahan baru, produktif dan bekerja keras,"
Gorontalo (ANTARA News) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) RI Muhaimin Iskandar mengatakan program transmigrasi yang saat ini terus digalakkan, merupakan solusi bagi krisis pangan yang melanda Indonesia.

Menurutnya transmigran bukan hanya sebagai motor penggerak ekonomi pedesaan, tapi juga sebagai penopang ketersediaan pangan bangsa.

"Program transmigrasi adalah solusi dan jalan perjuangan. Indonesia tidak akan kekurangan pangapcn, selagi ada transmigran di daerah yang membuka lahan baru, produktif dan bekerja keras," ujarnya saat kunjungan kerja di daerah transmigrasi di Desa Puncak Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, Sabtu.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa itu menilai, Indoneslia harus bersyukur ditakdirkan memiliki luas wilayah dan sumber daya alam yang melimpah.

Ironisnya, kini bangsa dihadapkan dengan krisis pangan yang mana hampir sebagian besar komoditi utama diimpor dari luar negeri.

"Memalukan negara besar seperti kita harus impor pangan.Saya yakin jika transmigran diperhatikan dengan baik maka Indonesia bisa stop impor. ," imbuhnya.

Warga transmigran diharapkan mampu membuka lahan baru, menggerakkan ekonomi serta membangun kemandirian bangsa.

Desa Puncak merupakan salah satu kawasan transmigrasi sejak tahun 2009 dan awalnya dihuni oleh 125 KK yang berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, NTB dan transmigran lokal.(*)

Pewarta: Debby Hariyanti Mano
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013