Apabila kita menjaga lingkungan secara otomatis lingkungan tersebut juga akan menjaga kita
Denpasar (ANTARA) - Komando Distrik Militer 1611/Badung bersama dengan Kepolisian Resor Kota Denpasar serta masyarakat umum menanam ratusan pohon di Taman Pancing, Pemogan, Kota Denpasar, Bali untuk menjaga kelestarian alam.

"Kegiatan karya bhakti TNI Dandim 1611/Badung merupakan bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan bertujuan mengajak masyarakat agar peduli lingkungan sekitar serta mencegah kerusakan alam yang terjadi akibat dari aktivitas kehidupan manusia," kata Komandan Distrik Militer (Dandim) 1611/Badung Kolonel Arh Teguh Waluyo dalam keterangannya di Denpasar, Bali, Jumat (26/1).

Baca juga: Lima juta lebih bibit pohon ditanam usai pelantikan KPPS Tomohon

Kegiatan penanaman pohon hingga pembersihan sampah yang dilaksanakan secara berkala selama beberapa hari hingga Jumat itu dilakukan sebagai upaya untuk ikut menjaga kelestarian dan hijaunya kota Denpasar salah satunya di Taman Pancing desa Pemogan.

Selain itu, kata Teguh Waluyo, kegiatan pembersihan secara berkala di pinggiran sungai di Taman Pancing juga bertujuan menjaga lingkungan agar tetap bersih, nyaman dan air di aliran sungai bisa mengalir dengan normal, serta mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.

"Itu adalah kewajiban kita bersama. Dengan adanya kegiatan ini kita dapat mengambil langkah untuk peduli terhadap lingkungan khususnya di Bantaran Sungai Jalan Taman Pancing, Desa Pemogan Kecamatan Densel Kota Denpasar’’ kata Dandim Badung Teguh.

Karena itu, dirinya menghimbau warga untuk tidak membuang sampah sembarangan guna menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan, serta membangun sinergitas semua unsur yang merupakan langkah bersama untuk peduli terhadap lingkungan.

Baca juga: KPU Kepri tanam 41.398 bibit pohon di 5.914 TPS

"Apabila kita menjaga lingkungan secara otomatis lingkungan tersebut juga akan menjaga kita," katanya.

Selain Kodim Badung, Polresta Denpasar dan masyarakat umum, aksi penghijauan di pinggiran Kota Denpasar itu juga melibatkan QNET Indonesia.

General Manager QNET Indonesia Ganang Rindarko mengatakan QNET dan Kodim 1611/Badung selalu bersinergi menjaga kelestarian alam di Bali seperti misalnya sebelumnya telah dua kali melakukan penanaman 3.000 bakau di Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali.

"Kami ikut bergerak untuk kebersihan kota Denpasar. Kami melakukan pembersihan bantaran sungai ini dan kami ikut menanam pohon di area Taman Pancing karena QNET mempunyai visi yang sama untuk menjaga kelestarian alam dan mewariskannya ke anak cucu kita. Untuk itu itu kami akan terus bersemangat untuk kembali menghijaukan alam karena ini yang akan kita wariskan ke generasi mendatang," kata Ganang Rindarko.

Baca juga: Jatim tebar 1,5 ton benih tanaman di kawasan Gunung Arjuno-Welirang

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024