Setelah Prabowo, baru Anies dengan 34,2 persen, sedangkan Ganjar berada di posisi terakhir dengan 15,1 persen.
Jakarta (ANTARA) - Survei Polling Institute menyebutkan sebanyak 36,5 persen publik menilai Calon Presiden RI Prabowo Subianto tampil paling baik dalam debat ketiga Pilpres 2024 pada hari Minggu (7/1).

"Dari 46,2 persen yang menyaksikan debat, sebanyak 36,5 persen menilai Prabowo paling tampil baik," kata peneliti Polling Institute Kennedy Muslim saat memaparkan hasil survei bertajuk Elektabilitas, Efek Debat, dan Sentimen Pilpres Satu Putaran secara virtual yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Kennedy mengatakan bahwa hasil survei Polling Institute menemukan 33 persen responden menilai Anies Baswedan tampil baik dan Ganjar Pranowo 25 persen.

Pada temuan lain, responden yang menyaksikan debat, mayoritas juga menilai Prabowo paling meyakinkan untuk dipilih.

Kennedy menyebutkan 46,5 persen menyatakan Prabowo yang paling meyakinkan untuk dipilih.

"Setelah Prabowo, baru Anies dengan 34,2 persen, sedangkan Ganjar berada di posisi terakhir dengan 15,1 persen," ujarnya.

Hasil survei Polling Institute juga menyebutkan 68,6 persen responden menyatakan tidak berubah pilihan seperti sebelum debat ketiga Pilpres 2024.

Selain itu, sebanyak 21,3 persen responden menyatakan tidak berubah pilihan, tetapi menjadi ragu, dan 8,1 persen berubah pilihan.

Survei Polling Institute dilakukan dalam rentang waktu 15—16 Januari 2024 dengan melibatkan 1.219 responden yang diwawancarai melalui sambungan telepon. Margin of error survei ± 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga: Survei: Prabowo-Gibran pasangan capres-cawapres paling disukai publik
Baca juga: Polling Institute: Gibran cawapres tampil paling baik di debat


KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada tanggal 12 Desember 2023, debat kedua pada tanggal 22 Desember 2023, dan debat ketiga pada tanggal 7 Januari 2024, KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan ketiga calon wakil presiden (cawapres).

Tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024