Milan (ANTARA News) - Juara bertahan Italia Juventus dan pemuncak klasemen Napoli menggaris bawahi tekad mereka meraih scudetto dengan kemenangan meyakinkan, namun favorit peraih gelar musim ini bukan hanya mereka ketika para rival juga ambil bagian dalam pesta gol Liga Italia.

Juventus, yang menang 4-0 atas Lazio untuk memenangi Piala Super Italia dua pekan silam, menundukkan pasukan Vladimir Petkovic pada Sabtu sementara Napoli menang 4-2 atas Chievo berkat bantuan dua gol Marek Hamsik, Minggu, lapor AFP.

Dari delapan pertandingan yang dimainkan pada Minggu, total tercipta 32 gol. Tidak buruk bagi liga yang pernah populer dengan sistem pertahanan gerendel "cattenacio."

Pada pertandingan Minggu sore, pemain Serbia Adem Ljajic mencetak gol pada debutnya untuk AS Roma ketika pasukan Rudi Garcia menang tiga gol tanpa balas atas Veroba, yang mengejutkan AC Milan pada pekan lalu.

Fiorentina juga memperlihatkan kelasnya, Giuseppe Rossi mencetak dua gol dan Mario Gomez memperlihatkan ketajamannya di Liga Italia, gol keduanya dibukukan melalui titik penalti pada fase akhir pertandingan, pada pertandingan menghibur yang berakhir dengan skor 5-2 di markas Genoa yang dimulai dengan gol pembuka Alberto Aquilani pada menit kesepuluh.

"Saya ingin berterima kasih kepada keseluruhan tim, kami semua bermain hebat pada hari ini meski kami harus memperbaiki permainan bertahan kami," kata Gomez, yang didatangkan pada bursa transfer musim panas dari Bayern Munich.

AC Milan mendapat kesempatan untuk menguji penyerang baru Alessandro Matri, yang didatangkan dari Juventus pada tengah pekan, setelah Mario Balotelli mencetak gol ketiga Si Merah-Hitam saat mereka menang 3-1 atas tamunya Cagliari.

Robinho, yang bermain sejak menit pertama untuk mengisi posisi Stephan El Shaarawy, membuka catatan gol pada menit kedelapan dan meski Marco Say memperkecil ketinggalan timnya lewat gol yang dibukukan dua menit setelah Philippe Mexes mencetak gol untuk mengubah skor menjadi 2-1, Balotelli mengamankan kemenangan Milan dengan aksi solonya pada menit ke-60.

Sementara itu rival sekota Inter, bangkit dari potensi terpeleset saat melawat ke Catania, dengan raihan tiga angka untuk membuat mereka tetap menghuni peringkat kedua.

Inter harus berterima kasih pada Rodrigo Palacio yang mencetak gol pembuka pada menit ke-20, setelah penyerang Argentina itu menuntaskan umpan Jonathan.

Si Hitam-Biru, yang terlihat banyak melakukan perbaikan setelah musim lalu hanya finis di peringkat kesembilan di bawah Andrea Stramacioni, melihat pemain internasional Jepang Yuto Nagatomo menyambut umpan silang Palacio dengan sundulan kepala pada menit ke-56 untuk membukukan dua gol dari jumlah pertandingan yang sama.

Inter memastikan raihan tiga angka sepuluh menit sebelum pertandingan usai berkat gol Riccardo Alvarez.

Pada Sabtu Carlos Tevez mencetak gol keduanya di Liga Italia dari jumlah pekan yang sama, saat Juve mengalahkan Lazio 4-1 berkat dua gol pemain Chile Arturo Vidal.

Pelatih Juve Antonio Conte berkata, "Kembali membukukan empat gol ke gawang Lazio merupakan tanda bahwa penampilan kami semakin baik, baik di level kolektif dan individual."

"Kami begitu spektakuler pada 25 menit pertama perihal intensitas dan eksekusi rencana permainan kami. Kemudian, setelah Lazio mencetak gol kami kehilangan ritme dan agresi kami," katanya.

"Kami memberikan sejumlah peluang mencetak gol bagi Lazio dan saya telah memperingatkan para pemain, namun mereka begitu hebat pada malam ini," katanya.

Napoli tetap memuncaki klasemen berkat pria yang dapat mengisi posisi yang ditinggalkan penyerang Uruguay Edinson Cavani.

Gonzalo Higuain didatangkan dari Real Madrid sekitar dua pekan silam sebagai pengganti langsung Cavani, yang memimpin dafar pencetak gol Liga Italia musim lalu dengan torehan 29 gol sebelum ia pindah dengan dana transfer besar ke Paris Saint Germain.

Saat pemain Argentina itu mencetak gol keempat Napoli, dan gol pertamanya untuk klub, Hamsik memberi sinyal bahwa dirinya telah mengembangkan potensi mencetak gol dengan mencetak gol keempatnya dari dua pertandingan untuk membuat Napoli memuncaki klasemen berkat keunggulan selisih gol.


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013