Jakarta (ANTARA) - Salah satu perubahan dalam iOS 17.4 adalah dukungan untuk transkripsi otomatis dalam aplikasi Apple Podcasts, memudahkan pendengar untuk mengikuti acara favorit mereka.

Transkripsi hanya akan muncul untuk podcast berbahasa Inggris, Prancis, Jerman, dan Spanyol. Fitur transkripsi Apple Podcast akan tersedia di lebih dari 170 negara dan wilayah, demikian disiarkan TechCrunch, Jumat (26/1).

Mirip dengan cara lirik bekerja di Apple Music, pengguna dapat melihat versi teks langsung dari suatu episode, dan kata-kata tersebut akan disorot saat mereka mendengarkan. Pengguna juga dapat menyentuh di mana saja dalam transkripsi untuk memutar episode pada titik tersebut.

Baca juga: Marvel Podcast Unlimited akan tersedia di Apple Podcast

Untuk membuka transkripsi, pengguna diminta mengeklik ikon "quote" baru di bagian bawah layar Now Playing. Selain itu, ada cara untuk melihat transkripsi tanpa mendengarkan dengan menahan pada halaman rincian episode dan memilih "Lihat Transkripsi."

Setiap kali episode baru dipublikasikan, transkripsi secara otomatis dibuat oleh perangkat lunak Apple. Saat Apple Podcast memproses transkripsi, akan ada jeda singkat sehingga tulisan mungkin tidak langsung muncul setelah episode diunggah.

Episode arsip akan mendapatkan transkripsi "seiring waktu," demikian ditulis perusahaan. Pembuat konten juga dapat merilis transkripsi mereka sendiri dengan mengubah pengaturan dalam Apple Podcasts Connect di dalam tab Ketersediaan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa transkripsi yang diunggah tidak akan ditampilkan jika tidak memenuhi standar Apple. Sebagai contoh, tidak boleh ada kesalahan ejaan atau tanda baca.

Perusahaan menyatakan bahwa episode dengan cross-talk, percakapan beberapa orang pada saat yang sama, mungkin "membatasi kualitas transkripsi."

Transkripsi juga tidak ditampilkan untuk episode "eksplisit" ketika pembatasan konten diaktifkan. Selain itu, Apple tidak akan mentranskripsi lirik musik.

Baca juga: Aplikasi "Live Transcribe" Google kini bisa digunakan tanpa internet

Baca juga: YouTube tambahkan fitur transkripsi di aplikasi Android

Baca juga: Spotify akan luncurkan opsi langganan untuk podcast

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024