Program ini akan memberikan berbagai keuntungan bagi UMKM, di antaranya meningkatkan kapasitas dan kompetensi UMKM,....
Padang (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sumatera Barat akan membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sumbar menjangkau pasar global lewat program Kadin Scale Up Academy.

"Program ini akan memberikan berbagai keuntungan bagi UMKM, di antaranya meningkatkan kapasitas dan kompetensi UMKM, meningkatkan daya saing UMKM, mendapatkan akses ke pasar nasional dan ekspor serta meningkatkan peluang kerja yang lebih luas," kata Ketua Kadin Sumbar Buchari Bachter di Padang, Sabtu.

Buchari mengatakan Kadin Scale Up Academy merupakan program pelatihan dan pendampingan bagi UMKM se-Sumbar. Program ini bertujuan membantu UMKM naik kelas menjadi industri kecil menengah (IKM) yang mandiri dan berdaya saing.

Baca juga: Kadin DIY memastikan patuhi pajak hiburan dengan tarif lama

Kadin Scale Up Academy akan memberikan pelatihan dan pendampingan di bidang manajemen bisnis, pemasaran, keuangan, teknologi informasi, dan sumber daya manusia kepada pelaku usaha selama satu tahun.

Pelatihan akan dilakukan oleh para ahli dan praktisi di bidangnya masing-masing. Selain itu, peserta Kadin Scale Up Academy juga mendapatkan pendampingan dari para mentor yang berpengalaman dari Kadin Sumbar.

Ia mengatakan Kadin setempat akan memilih UMKM terbaik di dalam maupun luar negeri untuk mengikuti program Kadin Scale Up Academy. Hal itu sesuai dengan salah satu misi Kadin yakni berkolaborasi dengan Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi Sumbar ke Turki dalam waktu dekat.

"Ini adalah kesempatan emas untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM sehingga dapat bersaing di pasar global," kata Buchari Bachter.

Baca juga: Ketua DPD RI koneksikan 1,1 juta UMKM Nahdliyin ke Kadin Jatim

Bagi pelaku usaha yang ingin mengikuti kegiatan tersebut dapat mendaftar melalui tautan https://bit.ly/daftar-ksa. Pembukaan Kadin Scale Up Academy akan diselenggarakan pada Senin (29/1/2024) di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumbar.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024