Jakarta (ANTARA) - Sejumlah kegiatan menarik mewarnai hari kedua pelaksanaan Nusantara Fair yang digelar di Jakarta, Sabtu, mulai dari lomba cosplay dengan tema karakter asli Indonesia hingga pengenalan IKNpedia.

"kegiatan hari ini tadi ada lomba cosplay kemudian ada games terus tadi juga berkeliling MC ke semua booth yang ada di sini menjelaskan tentang kegiatan Nusantara Fair secara keseluruhan, lalu juga ada IKNpedia," ujar Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Hubungan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Firmananur.

Firman menjelaskan acara lomba cosplay diikuti oleh 35 peserta yang berasal dari komunitas di Jakarta. Para peserta lomba tampil dengan berbagai kostum khas karakter asli Indonesia, mulai dari Gatot Kaca, Hanoman, Wiro Sableng, Si Buta dari Gua Hantu, hingga hantu kuntilanak.

Baca juga: Kepala Otorita IKN: Ada mobil terbang di IKN tahun 2045

Terdapat 10 pemenang terpilih, dengan juara pertama mendapatkan hadiah Rp3 juta, diikuti juara kedua Rp2 juta, dan juara ketiga sebesar Rp1 juta.
Suasana lomba cosplay dengan tema karakter khas Indonesia yang diadakan untuk memeriahkan festival Nusantara Fair yang digelar di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (27/1/2024) (ANTARA/Fathur Rochman)


Selain itu, terdapat pula booth seru yang bisa dikunjungi oleh pengunjung seperti pengalaman virtual realitas, pojok produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan games seru berhadiah suvenir.

Hal menarik lainnya adalah booth IKNpedia. IKNPedia merupakan website yang berisi informasi terkini mengenai Ibu Kota Nusantara (IKN) yang disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sarana yang bisa diakses di s.id/IKNpedia tersebut berisi tentang segala informasi tentang IKN, mulai dari progres pembangunan, filosofi, historis, hingga peran kementerian dan lembaga.

Pengunjung bisa mengakses sejumlah informasi seperti e-book IKNpedia, buku saku pemindahan Ibu Kota Negara, cetak biru Kota Cerdas Nusantara, hingga peta rancangan IKN.

Sebagaimana Wikipedia, IKNpedia merupakan living document yang bisa diperbarui, diubah, dan dikoreksi.

"Jadi di IKNPedia kita bisa mengetahui informasi tentang perkembangan pembangunan IKN, semuanya ada di situ. Nantinya data-datanya akan terus diperbarui," kata Firman.

Ajang Nusantara Fair digelar 26-28 Januari 2024 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta. Festival ini dimeriahkan oleh penampilan artis seperti RAN pada hari pertama, Isyana Sarasvati pada hari kedua, dan Andien ft. Diskoria pada hari terakhir.

Tak hanya sebagai ajang hiburan, kegiatan ini juga diselenggarakan sebagai wadah ekspresi dan sarana untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa Nusantara Fair 2024 menjadi pesta budaya yang tak terlupakan.

Melalui Nusantara Fair 2024, Otorita IKN ingin menyampaikan kepada masyarakat khususnya generasi muda Jakarta dan wilayah sekitarnya mengenai visi dan gambaran ibu kota baru yang sedang dalam tahap pembangunan lewat pameran dan kegiatan edukatif.

Selain itu, Nusantara Fair juga mengajak untuk menjelajahi kekayaan budaya, inovasi, dan potensi dari Nusantara sebagai ibu kota baru.

Baca juga: OIKN: IKN terkoneksi pembangunan daerah mitra dan Indonesia Timur

Baca juga: OIKN: Penerapan IKN sebagai kota spons untuk kelola air secara bijak

Baca juga: OIKN ajak masyarakat untuk mengenal lebih dekat Ibu Kota Nusantara

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024