Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak seluruh pemerintah daerah(Pemda) agar dapat mengelola event-event wisata secara profesional dan keberlanjutan serta pelibatan seluruh pihak sehingga dapat memberikan dampak pada semua sektor.

“Kemenparekraf siap memberikan dukungan kepada daerah salah satunya lewat event-event daerah yang telah masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024,” kata Direktur Event Daerah pada Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf Reza Fahlevi di Jakarta, Sabtu.

Ia menjelaskan peluncuran 110 event KEN 2024 dan penyelenggaraan event-event wisata di daerah merupakan bagian untuk menarik kunjungan wisatawan dan memberikan dampak ekonomi para semua sektor.

“Artinya, Pemda harus terus meningkatkan kualitas setiap event yang di selenggarakan, pelibatan UMKM dan menjamin keberlanjutan serta cinta lingkungan, unik sehingga kegiatan yang diselenggarakan memberikan dampak yang besar untuk ekonom darah dan masyarakat sekitar,” katanya.

Ia juga meminta agar Pemda dapat meningkatkan manajemen promosi dan menjadikan kegiatan yang digelar tersebut menjadi daya tarik bagi pelancong untuk berkunjung sehingga berdampak yang baik kepada masyarakat dan terjadi perputaran ekonomi.

Ia menambahkan pihaknya juga akan memberikan pendampingan dan promosi lewat kolaborasi dengan pemerintah daerah untuk memaksimalkan berbagai event daerah yang telah masuk dalam KEN 2024.

"Event-event yang masuk KEN adalah milik daerah sehingga Pemda harus dapat mengelola pelaksanaannya dengan maksimal," kata Reza yang juga Pj Wali Kota Sabang.

KEN adalah salah satu program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendukung dan mengembangkan agenda-agenda di seluruh Indonesia yang telah sukses terselenggara sejak tahun 2021.
Baca juga: Jokowi: KEN 2024 jadi magnet bagi kunjungan wisatawan
Baca juga: Kemenparekraf siapkan KEN 2024 untuk tingkatkan kunjungan wisata

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024