Lebih dari sebuah biografi cepat atas kejadian penting, saya lebih mementingkan masuk ke sosok ini...
Venesia (ANTARA News) - Sutradara Alejandro Agresti akan menyutradarai film bertajuk "Historia de un cura" atau "A Priest's Tale", yang mengisahkan biografi Paus Fransiskus dari masa kecil hingga kemudian terpilih sebagai pimpinan gereja Katolik.

Pria bernama asli Jose Mario Bergoglio itu menjadi Paus pertama yang berasal dari bumi bagian selatan dan juga merupakan yang pertama dari Amerika Latin dan Utara.

Rodrigo de la Serna, yang bermain mengesankan sebagai rival Gael Gaecia Bernal di film "The Motorcycle Diaries" akan berperan sebagai Paus Fransiskus.

"A Priest's Tale" diproduksi oleh Pampa Films Argentina dan Pentagrama Spanyol.

Asal usul kisah akan diceritakan dalam kilas balik dan flash-forward ketika Bergoglio terbang ke Roma untuk menghadiri konklaf kepausan setelah Paus Benediktus XVI mengundurkan diri. Film ini, menurut Agresti, akan fokus pada hidup Bergoglio.

"Lebih dari sebuah biografi cepat atas kejadian penting, saya lebih mementingkan masuk ke sosok ini, keputusannya atas panggilan tugas ini, dan bagaiman ia mengkombinasikan keyakinan dan alasannya, setelah hampir 14 tahun diteliti sebelum ditasbihkan," kata Agresti.

Syuting akan dilakukan di Argentina, Italia, dan Jerman, tempat Bergoglio menuntut ilmu.

Film ini diharapkan bisa menjadi langkah nyata bagi para Katolik. Namun Produser Pablo Bossi berharap film tersebut bisa menembus penonton di luar Katolik.

"Paus Fransiskus berusaha untuk membuat perubahan, ia bisa dilihat sebagai revolusioner dan kepentingan bagi non-Katolik," ujar Bossi, seperti dikutip laman Variety.

Penerjemah: Ade Irma Junida
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013