Kita menjadi provinsi di luar Jawa yang terbanyak menyumbang kegiatan dalam KEN 2024
Padang (ANTARA) -
Sebanyak enam kegiatan pariwisata asal Sumatera Barat berhasil lolos kurasi tim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan telah diluncurkan sebagai Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.
 
Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda dihubungi dari Padang, Minggu menyebut ada 110 kegiatan pariwisata terpilih dari seluruh provinsi di Indonesia yang berhasil masuk KEN 2024.
 
"Dari 110 kegiatan itu, enam diantaranya berasal dari Sumbar. Kita menjadi provinsi di luar Jawa yang terbanyak menyumbang kegiatan dalam KEN 2024," katanya.
 
Ia menyebut enam kegiatan pariwisata itu masing-masing Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa) dari Kota Sawahlunto, Festival Pesona Minangkabau dari Kabupaten Tanah Datar, Payakumbuh Botuang Festival dari Kota Payakumbuh.
 
Kemudian Rang Solok Baralek Gadang dari Kota Solok, Festival Hoyak Tabuik Piaman dari Kota Pariaman, dan Festival Lima Danau dari Kabupaten Solok.
 
Luhur menyebut sejak 2022, jumlah kegiatan asal Sumbar yang berhasil masuk dalam KEN terus meningkat. Pada 2022 ada tiga kegiatan, tahun 2023 meningkat menjadi empat kegiatan dan tahun ini menjadi enam kegiatan.
 
Ia menyebut KEN merupakan kalender kegiatan pariwisata nasional yang salah satu menjadi rujukan bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk mengunjungi suatu daerah.
 
Makin banyak kegiatan yang masuk KEN, makin besar promosi pariwisata yang didapatkan oleh daerah dan semakin besar pula peluang daerah untuk dikunjungi oleh wisatawan nusantara dan mancanegara.
 
"Tahun ini target kunjungan wisatawan ke Sumbar adalah 13,5 juta orang. Kegiatan pariwisata menjadi salah satu daya tarik daerah untuk bisa merealisasikan target tersebut," katanya.
 
Sementara itu Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata Sumbar, Asril menyebut peluncuran Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 dilaksanakan TMII Jakarta, Sabtu malam.
 
Acara tersebut ikut dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekraf, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kemenkomarves, anggota DPR RI, Kementerian/Lembaga RI serta Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Walikota, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/Kota se- Indonesia.

Baca juga: Menparekraf: KEN jadi daya tarik wisatawan ke Aceh sampai Papua
Baca juga: Menparekraf tegaskan subsektor kuliner hadir dalam rangkaian KEN 2024

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024