Fujian (ANTARA) - Hiasan kepala berbunga di Desa Xunpu, Kota Quanzhou, Provinsi Fujian, China, telah menjadi ciri khas "Adat Perempuan Xunpu" yang terdaftar sebagai warisan takbenda nasional pada 2008.

Xunpu, yang dijuluki "taman di atas kepala", menarik jutaan perhatian di dunia maya pada awal 2023, yang diikuti dengan lonjakan kunjungan turis ke desa itu.

Pemotretan, kuliner, dan layanan perhotelan lainnya telah menjadi sumber pendapatan baru bagi penduduk desa kecil di pesisir ini, yang dulu bergantung pada hasil tangkapan ikan dan budidaya perairan berlumpur.
 
Seorang penduduk desa menyematkan hiasan kepala berbunga untuk seorang turis di Desa Xunpu, Kota Quanzhou, Provinsi Fujian, China tenggara, 26 Januari 2024. (Xinhua/Wei Peiquan)
 
Wisatawan yang mengenakan hiasan kepala berbunga berswafoto di Desa Xunpu, Kota Quanzhou, Provinsi Fujian, China tenggara, 26 Januari 2024.(Xinhua/Wei Peiquan)
 
Seorang gadis menunjukkan hiasan kepala berbunga melalui siaran langsung di Desa Xunpu, Kota Quanzhou, Provinsi Fujian, China tenggara, 26 Januari 2024.(Xinhua/Wei Peiquan)
 
Wisatawan yang mengenakan hiasan kepala berbunga terlihat di Desa Xunpu, Kota Quanzhou, Provinsi Fujian, China tenggara, 26 Januari 2024.(Xinhua/Wei Peiquan)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024