Balikpapan (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Kodam) VI/Mulawarman, Kalimantan Timur mengerahkan alutsista dan personel untuk membantu pendistribusian logistik pada Pemilu 2024 di beberapa wilayah yang sulit dijangkau dan memiliki keterbatasan akses ke kawasan perbatasan.

"Alutsista ini digunakan untuk merealisasikan pemilu damai, salah satunya dengan mengantisipasi terjadinya keterlambatan logistik akibat kondisi medan yang sulit dan birokrasi distribusi logistik yang cukup rumit dari KPU,” kata Kapendam Kolonel Kav Kritiyanto di Balikpapan, Minggu.

Penggunaan alutsista karena Kaltim dengan luas wilayah 127 ribu kilometer persegi lebih, memiliki sejumlah wilayah di pedalaman hingga dekat perbatasan dengan Malaysia.

Contohnya di Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu, kawasan ini hanya bisa diakses lewat jalur perairan yaitu melalui Sungai Mahakam menggunakan longboat dari Ibu Kota Mahakam Ulu di Long Bagun atau Pelabuhan Tering di Melak, Kabupaten Kutai Barat.

"Menggunakan jalur air itu pun setidaknya membutuhkan waktu hingga dua hari perjalanan dari Balikpapan atau Samarinda untuk sampai ke Long Apari. Sedangkan cara paling cepat adalah dengan terbang, maka dari itu kami kerahkan alutsista jenis helikopter,” terangnya.

Bila menggunakan helikopter, langsung bisa mendarat di lapangan Kampung Tiong Ohang, Long Apari, setelah terbang lebih kurang 60 menit dari Balikpapan.

Kritiyanto menyebutkan, dalam pelaksanaan pemilu ini Kodam VI/Mulawarman mengerahkan 1 unit Heli Bell 412 sebagai Konjerat di Berau, 4 unit kendaraan Anoa, 10 unit ran Komodo, 2 unit ransus Jihandak, 12 unit ran ambulans, 3 unit ran kawal, 25 unit randis, 33 unit truk, 168 unit SPM Babinsa, 1 unit detector radiasi dan alkap PHH.

Kodam VI/Mulawarman sebagai kompartemen strategis, katanya, memiliki tugas dan tanggung jawab menegakkan, mempertahankan dan melindungi NKRI dari berbagai bentuk gangguan baik dari dalam maupun dari luar negeri, di wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.

Selain menyiapkan alutsista, di Pemilu 2024, Kodam VI/Mulawarman juga siap mengamankan dengan menggelar kekuatan di tiga Korem, yaitu Korem 091/Aji Surya Natakesuma yang berada di Samarinda, Korem 092/Maharajalila di Tanjung Selor, dan Korem 101/Antasari di Banjarmasin.

"Masing-masing terdiri atas 25 Kodim, 192 Koramil, 6 Satpur, 6 Satbanpur, 15 Satbanmin, 1 Deninteldam, 3 Tim Intel Korem, 25 Intel Kodim, 4 Satuan Pelayanan Kodam serta BKO Heli Penerbad,” sebutnya.


Baca juga: TKN klaim temukan dugaan ketidaknetralan penyelenggara pemilu
Baca juga: Bawaslu kawal pengemasan logistik pemilu untuk pastikan tepat jumlah
Baca juga: Polres Garut terjunkan personel kawal pendistribusian logistik pemilu

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024