Saya berhasil mengalahkan petenis terbaik sepanjang masa, di lapangan yang sangat disenanginya untuk bermain. Saya bangga.
New York (ANTARA News) - Petenis Swiss, Roger Federer, kandas pada putaran keempat turnamen tenis Amerika Serikat Terbuka, setelah tumbang di tangan unggulan ke-19 asal Spanyol, Tommy Robredo dengan straight set.

Mantan juara lima kali AS Terbuka dan penyandang 17 gelar turnamen Grand Slam itu kalah  dengan angka 7-6 (7/3), 6-3, 6-4 pada laga 16 besar Senin.

Tommy Robredo berhasil memecahkan rekor tidak pernah menang dari 10 kali pertemuannya dengan Federer.

"Saya berhasil mengalahkan petenis terbaik sepanjang masa, di lapangan yang sangat disenanginya untuk bermain. Saya bangga," kata Robredo saat wawancara di luar lapangan.

"Saya mampu mematahkan servisnya, dan dia tidak mampu melakukannya terhadap saya," tambah petenis 31 tahun asal Spanyol itu.

Federer hanya berhasil mengkonversikan dua dari kesempatan 16 break point. Ia kehilangan 6 kesempatan break point itu pada set kedua dan ketiga.

"Saya berjuang untuk mendapatkan break point, yang tentunya sangat tidak menyenangkan hasilnya," kata Federer.

"Saya merasa telah dikalahkan oleh diri sendiri, tanpa memperoleh keuntungan dari Tommy (Robredo-red). Jelas dia dapat memastikan beberapa bola, dan saya gagal untuk membuat perbedaan," tambah Federer.

Kegagalan Federer itu menyusul tersingkirnya ia secara mengejutkan pada putaran kedua Wimbledon serta gagalnya pertemuannya dengan juara 12 gelar Grand Slam Rafael Nadal, yang seharusnya menjadi pertemuan pertama mereka di lapangan keras New York.

Sebagai penggantinya, Robredo, yang pertama kali maju ke putaran perempat final AS Terbuka, menunggu pemenang antara laga Nadal dengan unggulan ke-22 dari Jerman Philipp Kohlschreiber.

Robredo memiliki catatan pertandingan 0-6 dengan Nadal dan catatan pertandingan 4-2 dengan petenis dari Jerman itu.

(A008/A016) 

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013