Di lapangan sudah ada alat berat untuk melakukan perbaikan jalan longsor yang terjadi pada pagi tadi sekitar pukul 07.00 Wita
Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Kementerian PUPR dan Satgas Percepatan Pembangunan IKN mulai melakukan perbaikan jalan longsor di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, yang merupakan akses menuju Kota Nusantara.
 
"Di lapangan sudah ada alat berat untuk melakukan perbaikan jalan longsor yang terjadi pada pagi tadi sekitar pukul 07.00 Wita," ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara Budi Santoso di Penajam, Senin.
 
Tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), lanjut dia, melakukan evaluasi dan sejumlah proses perbaikan jalan longsor tersebut.
 
"Bersama instansi terkait juga dibahas rekayasa lalu lintas agar arus kendaraan lancar selama dilakukan perbaikan jalan longsor itu, tambah Budi Santoso.
 
Pekerjaan perbaikan jalan longsor akses menuju Kota Nusantara, ibu kota negara masa depan Indonesia dilakukan secara maksimal dan ditargetkan pada Selasa (30/1) perbaikan jalan longsor rampung.
 
"Untuk sementara dibuatkan jalan alternatif agar arus kendaraan lancar tidak terjadi kemacetan arus lalu lintas," kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Kepolisian Resor (Polres) Penajam Paser Utara Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ning Tyas Widyas Mita.
 
Setelah dilakukan sejumlah perbaikan sementara, lanjut dia, saat ini jalan utama sudah bisa dilalui kendaraan ukuran besar dengan sejumlah rekayasa lalu lintas agar tidak menghambat pengiriman logistik dan material pembangunan Kota Nusantara.
 
"Truk bertonase besar pengangkut material dan logistik pembangunan Kota Nusantara sudah bisa melintas menuju area pembangunan," ujarnya.
 
Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Penajam Paser Utara memberikan imbauan kepada pengendara kendaraan ukuran besar untuk berhati-hati saat melalui jalan yang masih dalam proses perbaikan itu.
 
Personel di lapangan juga melakukan pengalihan arus kendaraan dari arah Balikpapan, Kutai Kartanegara menuju ke Kecamatan Sepaku atau ke kawasan Kota Nusantara, demikian Ning Tyas Widyas Mita.

Jalan di kawasan Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara longsor saat dilintasi truk bermuatan sekitar 10 tom kelapa sawit, dan truk sempat terjerumus di tengah jalan longsor itu.

Baca juga: Kabupaten Penajam bangun penangkaran rusa sambar

Baca juga: Penggantian lahan warga 290 hektare kena Bandara IKN secara bertahap


 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024